Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Achmad. Foto: Istimewa
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Achmad. Foto: Istimewa

DPR Pastikan Tak Ada Niat Menunda Uji Kepatutan dan Kelayakan Yudo

Anggi Tondi Martaon • 29 November 2022 20:35
Jakarta: DPR menegaskan tak ada niat menunda-nunda uji kepatutan dan kelayakan calon panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Pasalnya, proses pengangkatan Yudo menjadi suksesor Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berpotensi tak akan dilakukan pekan ini.
 
"Sebenarnya enggak ada yang mau menunda (uji kepatutan dan kelayakan Yudo)," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 29 November 2022.
 
Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu menyampaikan alasan uji kepatutan dan kelayakan berpotensi tak dilakukan pekan ini karena mekanisme. Sebab, proses uji kepatutan dan kelayakan harus didahului dengan penyampaian surat presiden (surpres) di rapat paripurna.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan penyusunan agenda rapat paripurna harus melalui rapat pimpinan (rapim) untuk menggelar rapat badan musyawarah (bamus). Penyelenggaraan rapim harus diikuti seluruh pimpinan DPR.
 
"Kan mekanismenya di DPR kayak gitu," ungkap dia.
 

Baca juga: Pergantian Panglima TNI, Presiden Ungkap Alasan Pilih Yudo Margono


 
Sehingga, tak ada niatan untuk menunda uji kepatutan dan kelayakan Yudo. Sebab, hal itu memang merupakan tugas dan tanggung jawab DPR.
 
"Enggak ada kemauan kita tunda-tunda, enggak ada untungnya juga," ujar dia.
 
Sebelumnya, DPR telah menerima surpres pergantian panglima TNI pada Senin, 28 November 2022. Selanjutnya, Yudo akan melalui uji kepatutan dan kelayakan sebelum dilantik menjadi panglima TNI 
 
(END)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif