Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.

Presiden Perintahkan Jajarannya Tindak Lanjuti Capaian G20

Andhika Prasetyo • 28 November 2022 17:40
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya segera menindaklanjuti semua hasil yang telah dicapai dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Ia mencatat terdapat 226 kesepakatan multilateral dengan total nilai investasi USD238 miliar dan 140 proyek bilateral dengan nilai investasi USD71,4 miliar.
 
"Ini betul-betul yang paling penting, segera ditindaklanjuti dengan membentuk task force untuk menyelesaikan kesepakatan-kesepakatan," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 28 November 2022.
 
Kepala Negara menegaskan semua perjanjian dan program inisiatif yang ada harus segera dieksekusi sehingga bisa membawa manfaat bagi masyarakat dan negara secara cepat. Selain itu, komitmen investasi asing di Tanah Air wajib segera direalisasikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya melihat misalnya dari pemerintah Amerika Serikat melalui skema Partnership for Global Infrastructure and Investment ada komitmen sebesar USD600 miliar. Untuk pengembangan kendaraan listrik ada USD20 miliar.
 

Baca: Indonesia Berhasil Tepati Janji dalam Jalankan Presidensi G20


Jokowi tak ingin komitmen investasi yang sudah ada tidak bisa direalisasikan di lapangan. Selain dari AS, komitmen investasi juga datang dari Jepang, Inggris dan Korea Selatan khusus untuk proyek LRT di Jakarta. Kemudian, dengan Turki, ada komitmen untuk membangun jalan tol Trans Sumatera.
 
"Semua harus bisa jalan secara detil menindaklanjuti apa yang menjadi kesepakatan kita," tandas Jokowi.

 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif