Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto: MI
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto: MI

Pemerintah akan Kembangkan Sistem Pusat Penyimpanan Data Mandiri

Andhika Prasetyo • 19 September 2022 16:25
Jakarta: Pemerintah telah menugaskan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Inti) untuk mengembangkan cloud atau komputasi awan sebagai pusat penyimpanan data seluruh kementerian/lembaga negara. Sistem ini diyakini membuat data milik pemerintah dan publik dikelola secara mandiri dan aman dari serangan siber.
 
"Kalau ini disatukan, kita akan mandiri di bidang cloud. Kita bisa menjaga data dari intervensi orang lain. Itu yang kita ingin ke depan," ujar Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 19 September 2022.
 
Ia mengatakan tugas tersebut jelas tidak mudah. Tenaga, waktu, dan anggaran yang besar dibutuhkan untuk menciptakan infrastruktur teknologi itu secara sempurna dalam sekala besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini pekerjaan besar ya perlu kerja berat," tutur mantan Panglima TNI itu.
 

Baca: Waspadai Kejahatan Baru di Ranah Digital


Selama ini, Moeldoko mengatakan, Indonesia belum mandiri dalam hal penyimpanan data lantaran belum memiliki fasilitas yang mumpuni. Pemerintah masih memanfaatkan layanan penyimpanan data dari komputasi awan milik perusahaan asing.
 
"Cloud-nya dari orang luar. Mesinnya punya orang luar. Makanya kita mau bikin mesin sendiri, enkripsinya dari BSSN. Nanti PT Inti sebagai penjamin yang bisa menjual jasa ke pemerintah. Ini aman karena PT Inti juga punya pemerintah," ujar Moeldoko.
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif