Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat. Dok. Tangkapan Layar
Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat. Dok. Tangkapan Layar

Persiapkan Generasi Muda untuk Percepatan Transformasi Digital

Medcom • 20 April 2022 19:32

Semenatar itu, Komisaris Telkomsel, Yose Rizal, mengatakan pengembangan teknologi dan digitalisasi menjadi keharusan untuk menghadapi gelombang digital disruption yang terjadi saat ini. Apalagi, selama pandemi covid-19 terjadi perubahan perilaku konsumen yang mempercepat terjadinya digital adoption.
 
Semua sektor dituntut untuk adaptif terkait perubahan tersebut. Yose mengakui selama pandemi covid-19 hampir sebagian besar digital service mengalami kenaikan dari sisi subscriber maupun konsumsi data.
 
Menyikapi kondisi itu, ungkap Yose, institusinya sudah memulai program transformasi secara serius pada 3-4 tahun lalu dengan berfokus transformasi dari sisi manusia, proses dan teknologi.

Jadi, tegas dia, yang terpenting mengubah orang dari sisi perubahan mindset, budaya perusahaan dan membangun capabilitas, dalam upaya transformasi teknologi digital.
 
Baca: Wapres Minta Kaum Muda Jangan Jadi Pengekor
 
Founder INAmikro, Debbie R. Tampubolon, sependapat yang paling sulit dalam transformasi digital adalah mengubah mindset orang yang akan menjalankan transformasi tersebut. INAmikro yang berupaya menjembatani bisnis mikro dengan perbankan lewat proses digital juga mengalami kondisi itu.
 
Sektor usaha mikro dan ultra mikro, ujar Debbie, belum mandiri dalam permodalan. Kondisi itu menyebabkan digital fobia dan digital trauma ketika para pengusaha mikro berupaya mengakses modal di luar perbankan.
 
Sehingga, kata dia, ketika INAmikro berupaya menjembatani para pedagang pasar dengan perbankan lewat teknologi digital, harus melakukan edukasi satu per satu secara intensif untuk memahami proses permodalan secara digital.
 
Y20 Indonesia 2022 Delegate Indonesia, Marcel Satria, mengungkapkan potensi ekonomi digital akan berkembang. Kalangan muda, menurut Marcel, cukup mendominasi di Indonesia dengan 60 persen kelompok milenial dan 28 persen kelompok gen Z.
 
Berdasarkan kondisi itu, Marcel menilai, peluang generasi muda untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi digital sangat diharapkan. Sangat disayangkan, ujar Marcel, dari sisi pemanfaatan ekonomi digital oleh para pekerja Indonesia masih kurang.
 
Meski potensi ekonomi digital Indonesia besar, jelas Marcel, namun pergerakan ekonomi digital Indonesia cenderung ke arah konsumtif dan kurang produktif.
 
 
Read All


TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan