Pengamat militer Susaningtyas Nefo Handayani Kertapati dalam program Crosscheck, Minggu, 5 September 2021. Foto: Medcom.id
Pengamat militer Susaningtyas Nefo Handayani Kertapati dalam program Crosscheck, Minggu, 5 September 2021. Foto: Medcom.id

Gerakan Taliban Menyusup ke Lembaga Pendidikan Patut Diwaspadai

Nasional Taliban afghanistan taliban afghanistan radikalisme Crosscheck
Fachri Audhia Hafiez • 05 September 2021 13:42
Jakarta: Pengamat militer Susaningtyas Nefo Handayani Kertapati menilai gerakan yang dianut kelompok Taliban perlu diwaspadai di Tanah Air. Indikasi dukungan yang mengarah kepada paham kelompok tersebut terlihat pada lembaga pendidikan.
 
"Di negara kita ini sudah banyak sekali lembaga pendidikan yang kiblatnya itu sudah Talibanisme ya," kata Susan dalam program Crosscheck #FromHome by Medcom.id bertajuk 'Taliban Bermuka Dua ke Indonesia?' Minggu, 5 September 2021.
 
Susan mencotohkan gerakan itu berupa tidak mau hormat kepada bendera Merah Putih, tak memasang foto presiden, hingga menghafal nama menteri-menteri. Hal ini mengkhawatirkan karena sekolah punya peran penting mencetak calon penerus bangsa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena sekolah itu kan pabrik dari calon pemimpin, pabrik dari untuk mencerdaskan bangsa itu dulu dibenahi," ujar Susan.
 
Baca: Pasukan Perlawanan NRFA Klaim Bunuh 600 Militan Taliban
 
Susan menyayangkan masih ada politikus partai politik (parpol) hingga pimpinan universitas yang masih membela Taliban. Meski tak menyebut sosok yang dimaksud, Susan tak sependapat dengan cara berpikir mereka.
 
"Bahwa Taliban baik-baik saja, Indonesia tak perlu terlalu khawatir. Bagaimana kita enggak khawatir? Lihat anak muda kita di sekolah tidak mau menghormati Merah Putih, tidak mau menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan sebagainya ," ucap Susan.
 
Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.

 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif