Komisioner Komnas HAM M Choirul Anam. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Komisioner Komnas HAM M Choirul Anam. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana

DPR Diminta Tunda Pembahasan RUU Ciptaker

Nasional Virus Korona Omnibus Law
Theofilus Ifan Sucipto • 09 April 2020 08:31
Jakarta: Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta DPR menunda pembahasan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker). Pasalnya, Indonesia tengah mengalami pandemi virus korona (covid-19).
 
“Pembahasan RUU Cipta Kerja dengan kondisi krisis saat ini justru potensial menjauhkan upaya pemenuhan, perlindungan, dan penegakan HAM,” kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam di Jakarta, Rabu, 8 April 2020.
 
Choirul menyampaikan seluruh elemen bangsa tengah mengerahkan tenaganya untuk mengatasi pandemi korona. Sehingga, perhatian publik menjadi tak maksimal bila pembahasan RUU Ciptaker berjalan sekarang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, partisipasi publik penting dalam pembahasan UU. Hal itu juga diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.
 
“Hal ini tidak dipenuhi dalam perumusan dan pembahasan RUU Cipta Kerja,” ujar Choirul.
 
Baca: Waktu Pembahasan RUU Ciptaker Tak Ditarget
 
Choirul menilai isi RUU Ciptaker juga masih memiliki kelemahan dari aspek paradigmatik dan substantif. Misalnya, menurunkan standar hidup layak serta mengancam pemenuhan hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat.
 
“Ini berpotensi mengganggu upaya pemenuhan dan penegakan HAM,” tutur dia.
 
Choirul berharap pemerintah dan DPR kembali membahas RUU ini setelah pandemi korona berakhir. Namun jika tetap harus berjalan, dia meminta pembahasan dilakukan dengan transparan.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif