Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Kemendagri: 48 Daerah Belum Susun Protokol Covid-19

Nasional Virus Korona pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Antara • 24 September 2020 06:18
Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyebutkan masih ada 48 kabupaten/kota yang belum menyusun peraturan kepala daerah (perkada) terkait peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan covid-19. Seluruh daerah itu didesak segera menyelesaikan perkada itu.
 
"Untuk provinsi, sudah 34 provinsi (100 persen) yang telah menyelesaikan penyusunan perkada," kata Kepala Pelaksana Harian Tim Koordinasi dan Sinkronisasi Pelaksanaan Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Bahtiar dalam keterangan resmi, Rabu, 23 September 2020.
 
Menurut dia, di luar 48 daerah itu, 33 kabupaten/kota masih dalam proses penyusunan perkada. Sementara itu, 432 dari 514 kabupaten/kota telah menyelesaikan perkada. Bahtiar sejatinya menargetkan seluruh daerah menyelesaikan perkada paling lambat Jumat, 18 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya tekankan kepada seluruh jajaran Tim koordinasi dan Sinkronisasi Pelaksanaan Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, untuk memastikan dan dikoordinasikan, dilakukan atensi khusus, dan terus di-update apa kendala-kendala dalam penyusunan perkada," tegas Bahtiar
 
Sebanyak 48 kabupaten/kota yang belum menyelesaikan perkada meliputi Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Utara, Naganraya, Pidie Jaya, Subulussalam, Dairi, Karo, Labuan Batu, Langkat, Samosir, Serdang Bedagai, Tapanuli Tengah, Kota Sibolga, Tanjung Balai, Lebong, Seluma, Bangka Selatan, Banyu Asin, Empat Lawang, Lahat, Musi Rawas Utara, Pagar Alam, Kediri.
 
Daerah selanjutnya yakni Sambas, Maybrat, Pegunungan Arfak, Kab Sorong, Teluk Wondama, Asmat, Delyai, Dogiyai, Intanjaya, Keerom, Lanny Jaya, Memberoamo Raya, Memberoamo Tengah, Nambre, Nduga, Paniai, Pegunungan Bintang, Puncak Puncak Jaya, Sarmi, Supiori, Waropen Yahukimo, dan Yalimo.
 
Selain itu, Kemendagri merilis khusus data penyusunan perkada tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan di daerah yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Sembilan provinsi penyelenggara pilkada sudah menyelesaikan perkada.

 
Halaman Selanjutnya
Sebanyak 34 dari 37 kota…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif