TMII. Foto: MI/Adam Dwi
TMII. Foto: MI/Adam Dwi

Kemensetneg Minta Taman Mini Dikelola Secara Profesional

Nasional DKI Jakarta aset negara TMII taman hiburan
Theofilus Ifan Sucipto • 03 Juli 2021 06:22
Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) meminta Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dikelola secara profesional. Hal itu menyusul pengambilalihan pengelolaan TMII oleh PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero).
 
“Destinasi wisata seluas 146,7 hektare itu harus bisa dinikmati semua kalangan masyarakat dan bermanfaat bagi negara,” kata Sekretaris Kemensetneg Setya Utama dalam rapat konsolidasi kepengelolaan baru di TMII, Jakarta Timur, Jumat, 2 Juli 2021.
 
Setya mengatakan PT TWC sudah memiliki konsep desain pengembangan TMII. Desain itu mengacu kepada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pengelolaan TMII.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Utamanya dalam mentransformasi TMII sebagai kawasan terbaik untuk menikmati budaya dari beragam daerah di Indonesia,” papar dia.
 
PT TWC sebagai BUMN diharapkan bisa memanfaatkan TMII sebagai sarana melestarikan budaya bangsa. Sehingga manfaat kehadiran TMII betul-betul dirasakan masyarakat dan negara.
 
Setya mengungkapkan pemerintah tidak memilih korporasi swasta meski bisa menjanjikan keuntungan lebih besar. Sebab, pemerintah tidak berorientasi mengeruk keuntungan semata.
 
Baca: TMII Bakal Diasuransikan sebagai BMN Usai Diambil Alih Negara
 
Sementara itu, Direktur Utama PT TWC Edy Setijono mengajak seluruh pihak membangun TMII lebih baik. Kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat diyakini membuat TMII menjadi kebanggaan bersama.
 
“Kami sangat berharap kita bisa segera bergerak bersama dan memilih format yang tepat agar cita-cita agar TMII sebagai instalasi budaya Indonesia bisa tercapai,” kata Edy.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif