Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: Istimewa
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: Istimewa

Wapres Perintahkan Program Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem Tepat Sasaran

Nasional kemiskinan politik Wapres UMKM maruf amin Bantuan Sosial Tunai
Kautsar Widya Prabowo • 15 September 2021 16:19
Jakarta: Pemerintah berupaya mempercepat menanggulangi kemiskinan ekstrem di Tanah Air. Hal tersebut sebagai upaya menghilangkan kemiskinan pada 2024. 
 
Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan salah satu caranya dengan memberikan bantuan sosial dan subsidi. Program permberdayaan untuk meningkatkan kapasitas ekonomi masyarakat.
 
"Kunci keberhasilan suatu program/kegiatan (pemberdayaan) adalah ketepatannya dalam menyasar wilayah dan rumah tangga yang berhak,” ujar Ma'ruf saat memimpin rapat tentang Pemberdayaan Masyarakat di Lokasi Prioritas dalam rangka Penurunan Kemiskinan Ekstrem di 35 Kabupaten/Kota di 7 Provinsi, di Istana Wakil Presiden, Jalan Merdeka Selatan Nomor 6, Jakarta, Rabu, 15 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ma'ruf menyampaikan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) telah mengalokasikan anggaran dalam bentuk program pemberdayaan. Beberapa di antaranya untuk UMKM, pelatihan, vokasi, dan padat karya. 
 
Baca: 5 Strategi Pengentasan Kemiskinan Ekstrem di Papua
 
“Sehingga isu utamanya bukan anggaran, namun memastikan bagaimana program/anggaran dapat efektif dalam mengurangi kemiskinan ekstrem,” ungkap Ma'ruf.
 
Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), terdapat tujuh provinsi yang menjadi wilayah prioritas pada 2021. Setiap provinsi dipilih lima kabupaten sehingga totalnya 35 kabupaten yang mewakili 20 persen atau 2,1 juta jiwa dari 10,4 juta penduduk miskin ekstrem secara nasional. 
 
Ketujuh provinsi tersebut antara lain Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, dan Papua. Ma'ruf mengimbau jajaran terkait memperhatikan dua hal.
 
Pertama, program diarahkan pada kabupaten prioritas pengurangan kemiskinan ekstrem. Kedua, meningkatkan kualitas implementasi program.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif