Presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. MI/Ramdani.
Presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. MI/Ramdani.

Tiga Indikator Calon Menteri Jokowi

Nasional kabinet jokowi
Sri Yanti Nainggolan • 15 Agustus 2019 18:49
Jakarta: Indonesia Corruption Watch (ICW) berharap Presiden Joko Widodo memiliki indikator tertentu memilih calon menteri di Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. ICW menawarkan tiga indikator memilih menteri yakni, kapasitas, integritas, dan loyalitas.
 
Koordinator Divisi Korupsi dan Politik ICW Donal Fariz berharap kabinet 2019-2024 berisi sosok memiliki kapasitas teknis dalam kementerian. Calon menteri harus mengerti seluk beluk kementerian.
 
Baca: NasDem Membebaskan Jokowi Soal Pengumuman Kabinet

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemudian, integritas. Penting untuk melakukan background check pada calon menteri. Jangan sampai punya masalah hukum karena ini akan menjadi sandera bagi pekerjaan," kata Donal dalam diskusi di kantor ICW, Kamis, 15 Agustus 2019.
 
Rekam jejak dan integritas calon menteri harus diperhatikan secara rinci. Sehingga tak ada persoalan hukum yang menghalangi menteri di kemudian hari.
 
Terakhir, calon menteri harus memiliki loyalitas. Calon menteri harus loyal memimpin selama lima tahun. Jangan sampai, calon menteri hanya menjabat selama tiga tahun lalu mundur karena menyiapkan diri untuk Pemilu 2024.
 
Baca: Kementerian Investasi Wajib Pangkas Birokrasi
 
"Kabinet Jokowi sudah dinilai memiliki loyalitas tak tunggal. Belum pelantikan periode kedua, sejumlah elite pimpinan partai sudah melirik (pemilu) 2024," jelas Donal.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif