Presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. ANT/Akbar Nugroho Gumay.
Presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. ANT/Akbar Nugroho Gumay.

Menteri Muda Harus Punya Kemampuan Khusus

Nasional kabinet jokowi
Damar Iradat • 04 Juli 2019 11:55
Jakarta: Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies Jerry Massie meminta Presiden Joko Widodo tak asal memilih menteri muda di kabinet berikutnya. Tokoh muda itu harus menguasai bidang khusus karena jabatan menteri tak seperti memimpin organisasi kepemudaan.
 
"Milenial yang duduk harus punya skill and ability (keahlian dan kemampuan) manajerial, punya sense of leadership, the power of leader (kekuatan memimpin), the art of leader (seni memimpin)," kata Jerry kepada Medcom.id di Jakarta, Kamis, 4 Juli 2019.
 
Baca: Kubu Prabowo Disebut Berpotensi Jadi Duri dalam Daging

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jerry mencontohkan beberapa sosok muda yang layak masuk kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Di antaranya Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir, dan politikus PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko.
 
Jerry menilai tiga sosok itu memiliki pengalaman dan rekam jejak kepemimpinan baik. Jerry juga menyinggung Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono itu dinilai matang menduduki posisi menteri.
 
Politikus Partai NasDem Taufik Basari juga disebut cocok sebagai menteri di kabinet Jokowi-Ma'ruf. Taufik dinilai berpengalaman di bidang hukum.
 
"Dia memiliki standar kualitas tinggi dan keahlian untuk duduk di kabinet. Taufik sangat paham akan masalah hukum karena ini spesialisasinya. Sudah dua kali dia jadi tim pembela Jokowi di MK," ungkap Jerry.
 
Jerry menilai sebaiknya Jokowi mencari menteri muda dari generasi milenial yang bergerak di bidang start-up (perusahaan rintisan). Hal itu cocok menjawab tantangan ekonomi global.
 
"Kalau bisa Jokowi mencari milenial yang sukses yang bergerak di bidang (perusahaan rintisan berstatus) unicorn, yang lagi naik daun," ujar dia.
 
Baa: AHY Digadang-gadang Cocok Menjabat Menteri
 
Sebelumnya, Joko Widodo bertekad membentuk kabinet yang efektif dan responsif terhadap tantangan perubahan global yang sangat cepat. Kabinet nanti akan mengakomodasi kaum muda.
 
'Kenapa kita penting mengakomodasi orang muda, usia 30-an, bahkan mungkin 25 tahunan, karena kaum muda umumnya lincah dalam menghadapi perubahan yang sangat cepat,' papar Jokowi dalam wawancara khusus dengan Medcom.id di Istana Bogor, Senin, 1 Juli 2019.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif