Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

Bawaslu: Politik Uang Hingga Isu SARA Langganan Setiap Pemilu

Kautsar Widya Prabowo • 12 November 2021 20:40
Jakarta: Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan menyebut politik uang, ujaran kebencian, dan politisasi SARA mendominasi setiap pemilu. Hal itu menjadi perhatian Bawaslu dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
"Kami menyadari demokrasi yang sedang dijalankan ini ada beberapa yang harus diperbaiki. Misalnya bahwa apakah demokrasi itu langsung menghasilkan money politik? Karena begitu proses demokrasi, pemilu banyak pelanggaran money politik," ujar Abhan di Anyer, Serang, Banten, Jumat, 12 November 2021.
 
Abhan menyebut sejak pesta demokrasi digelar secara langsung, praktik politik uang meningkat. "Kita tidak mungkin mengada, tetapi kewajiban kita bagaimana potensi pelanggaran itu yang harus kita minimalisir," tutur dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bawaslu, kata Abhan, tidak akan tinggal diam dan telah melakukan sejumlah upaya agar potensi pelanggaran tidak terjadi. Selain pengawasan, Bawaslu akan menindak apabila ditemukan pelanggaran.
 
"Kalau melakukan pelanggaran, diawasi, setelah diawasi harus ditegakkan aturan. Fungsi berikutnya yaitu penindakan baik itu pidana maupun yang sifatnya administrasi," tutur dia.
 
Baca: KPU Ajak Publik Tutup 2 Potensi Politik Uang
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif