Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah. ANT/Adiwinata Solihin.
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah. ANT/Adiwinata Solihin.

Fahri Hamzah Minta Pemerintah Tarik UU ITE

Nasional pencemaran nama baik
M Sholahadhin Azhar • 05 Juli 2019 14:04
Jakarta:Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menanggapi penolakan Mahakamah Agung (MA) atas kasus penyebaran konten bermuatan asusila Baiq Nuril Maknun. Fahri menyebut Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagai akar masalah dalam kasus itu.
 
"Intinya UU ITE itu salah kaprah. Baiknya pemerintah menarik kembali pasal di UU ITE sebab itu merugikan kebebasan masyarakat untuk membela diri," kata Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Jumat, 5 Juli 2019.
 
Baca: MA Tolak PK Baiq Nuril

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, harusnya Baiq dibebaskan dari tuntutan pidana. Mengingat mantan guru SMAN 7 Mataram itu merupakan korban yang membela diri atas tindakan dugaan pelecahan seksual yang dilakukan atasannya.
 
Fahri yakin penghapusan UU ITE menjadi solusi masalah itu. Sehingga, tak ada lagi masyarakat yang bernasib nahas seperti Baiq Nuril.
 
"Kalau saya jadi pemerintah, UU itu tidak ada di Republik ini," ujarnya.
 
MA menolak Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan Baiq Nuril. Putusan tersebut menguatkan vonis hakim di tingkat kasasi yang memutuskan hukuman enam bulan penjara dan denda Rp500 juta subsider tiga bulan kurungan.
 
Ketua majelis hakim Suhadi dibantu hakim anggota Margono dan Desnayeti menangani perkara itu. Majelis hakim menilai dalil pemohon bahwa putusan MA dalam tingkat kasasi mengandung muatan kekhilafan hakim atau keliru tak dapat dibenarkan.
 
Baca: Arsul Sani Ingin RKUHP Rampung Periode Ini
 
Sebelumnya, Pengadilan Negeri Tinggi kota Mataram telah memvonis Baiq tidak bersalah dari tuduhan pada 26 Juli 2017. Namun MA ternyata mengabulkan kasasi jaksa penuntut umum (JPU). Nuril divonis enam bulan penjara dengan denda Rp500 juta pada Senin, 11 November 2018.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif