Tjahjo Sebut Dana Kelurahan untuk Pelayanan Publik

M Sholahadhin Azhar 23 Oktober 2018 10:07 WIB
Dana Kelurahan
Tjahjo Sebut Dana Kelurahan untuk Pelayanan Publik
Menteri Tjahjo Kumolo. Foto: Medcom.id/Adin.
Jakarta: Menteri Tjahjo Kumolo sepakat dengan rencana alokasi dana untuk kelurahan. Dana itu dinilai dapat meningkatkan pelayanan publik dan memberdayakan masyarakat
 
"Supaya ada upaya berdikari menciptakan kelurahan yang mandiri, misalnya melalui usaha kecil," kata Tjahjo melalui keterangan tertulis, Selasa, 23 Oktober 2018.
 
Tjahjo menyebut dana keluraha sebagai bentuk kepedulian pemerintah merespons aspirasi masyarakat di kelurahan. Tjahjo menjamin alokasi dana tersebut akan memberikan manfaat untuk percepatan dan pemerataan pembangunan di kelurahan.
 
"Aspirasi tersebut juga disuarakan oleh para Lurah, Camat, Assosiasi Walikota dan pemda kabupaten, provinsi serta DPRD," katanya.

Baca: Regulasi Dana Kelurahan Disegerakan

Tjahjo mengatakan, dana kelurahan merupakan pengembangan dari dana desa yang telah membawa dampak positif.
 
"Pemerintah dan Banggar DPR masih akan membahas lebih detail terkait postur tersebut melalui Rapat Panitia Kerja (Panja) DPR RI," kata dia.
 
Alokasi dana kelurahan rencananya masuk dalam Rancangan APBN 2019 melalui pembahasan tingkat 1 di Badan Anggaran (Banggar).
 
Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar meminta semua pihak mengawal program ini. Masyarakat dan pers, kata Bahtiar, punya peran sama seperti Inspektorat Jenderal dan Badan Pengawas Keuangan RI. "Dengan demikian, alokasi dana kelurahan benar-benar tepat sasaran dan memberi kemaslahatan bagi masyarakat," kata Bahtiar.




(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id