Ilustrasi guru mengajar di kelas. MI/Bary Fathahillah.
Ilustrasi guru mengajar di kelas. MI/Bary Fathahillah.

Pemutusan Kontrak PPPK Tak Bisa Sembarangan

Nasional guru seleksi cpns ASN
Kautsar Widya Prabowo • 05 Januari 2021 14:35
Jakarta: Badan Kepegawain Nasional (BKN) meminta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tidak merisaukan risiko pemutusan kerja. Pemutusan hubungan kerja PPPK tak bisa dilakukan semena-mena.
 
"Ada ketakutan karena kontrak, kontraknya dapat diputus dengan semena-mena. Tidak begitu," ujar Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam konferensi pers secara virtual, Selasa, 5 Januari 2021.
 
Perjanjian kerja PPPK lebih banyak mengurus perjanjiaan kerja terkait target dan cara pencapaiannya. Kontrak kerja PPPK tak sekadar terbatas waktu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bima juga menyebut institusi atau lembaga tak bisa sembarangan memecat pegawai honorer. Apalagi memberhentikan PPPK yang berstatus aparatur sipil negara (ASN) dan dilindungi perundang-undangan.
 
Baca: PPPK Tak Harus Meniti Karier dari Jabatan Terendah
 
Terdapat serangkaian prosedur yang harus dipenuhi pejabat pembina kepegawaian (PPK) untuk memutus kontrak PPPK. Pemutusan hubungan kerja bagi guru berstatus PPPK juga lebih sulit karena harus mendapat persetujuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
 
Kebijakan ini dibuat agar pemberhentian PPPK dilakukan objektif dan sesuai prosedur. Apalagi bagi guru PPPK yang harus mendapat persetujuan Kemendikbud dan BKN.
 
"Jadi tidak bisa PPK itu secara semana-mena memberhentikan PPPK," tuturnya.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif