Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Teknologi Sipol Pemilu 2024 Berbeda dengan 2019

Indriyani Astuti • 03 Juli 2022 10:15
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan terus membarui fitur maupun teknologi sistem informasi partai politik (Sipol). Anggota KPU Idham Holik menyebut teknologi Sipol Pemilu 2024 disebut berbeda dengan Pemilu 2019.
 
"Sipol yang digunakan pada Pemilu 2019 menggunakan peladen (server) sedangkan pada Pemilu 2024 KPU menggunakan teknologi komputasi awan (cloud) yang dapat menyimpan data dalam jumlah besar," kata Idham kepada Media Indonesia, Minggu, 3 Juli 2022.
 
Idham mencontohkan salah satu yang juga menggunakan teknologi cloud ialah aplikasi PeduliLindungi. Pengguna disebut akan lebih mudah mengakses teknologi Sipol KPU saat ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dahulu ada kendala pada trafik dan menimbulkan kemacetan ketika partai mengunggah data ke Sipol. Ke depan diharapkan tidak ada lagi," ujar dia.
 

Baca: 35 Parpol Sudah Punya Akun Sipol KPU


Idham mengungkapkan ada 35 partai politik yang telah memiliki akun untuk mengakses Sipol per Jumat, 1 Juli 2022. Sebanyak 31 di antaranya partai nasional dan empat partai lokal.
 
Ia mengatakan KPU menggelar rapat bersama partai politik nasional dan lokal calon peserta Pemilu 2021 pada Jumat, 1 Juli 2022. KPU menerima sejumlah masukan dari partai politik. Salah satunya, partai ingin ada template kepengurusan di Sipol.
 
"Pertimbangannya partai lebih cepat mengunggah data kepengurusan dalam Sipol," ujar dia.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif