Komisi Pemilihan Umum (KPU). Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla
Komisi Pemilihan Umum (KPU). Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla

Kemendagri Dorong Kemenkeu Segera Cairkan Anggaran KPU untuk 2022

Yakub Pryatama Wijayaatmaja • 06 Juli 2022 11:35
Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendorong Kementerian Keuangan (Kemenkeu) segera mencairkan anggaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk 2022.  Anggaran Pemilu 2024 yang dibutuhkan pada 2022 sebesar Rp8,06 triliun. 
 
"Kami mendorong KPU untuk mengajukan usulan kebutuhan dan Kemenkeu untuk mencairkan," kata Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Imran kepada Media Indonesia, Rabu, 6 Juli 2022.
 
Ia mengatakan anggaran 2022 yang dikucurkan pemerintah untuk KPU baru Rp2,4 triliun. Artinya, sekitar Rp5,6 triliun belum dicairkan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Keputusan terkait pendanaan ada di Kemenkeu dan KPU," ungkap dia.
 

Baca: Buntut Pembentukan IKN, KPU: Perlu Ada Penataan Dapil dan Alokasi Kursi 


Komisioner KPU Yulianto Sudrajat menjelaskan kebutuhan anggaran Rp8,06 triliun itu akan dialokasikan untuk kebutuhan KPU pusat Rp0,9 Triliun. Kemudian, untuk KPU Provinsi (34 Satuan Kerja/Satker) Rp1,3 triliun dan KPU kabupaten/kota (514 Satker) Rp 5,7 triliun. 
 
Menurut Yulianto, penyebab belum dialokasikan sepenuhnya kebutuhan anggaran KPU, karena Pemerintah menunggu penetapan peraturan KPU (PKPU) Tahapan Pemilu.
 
"Setelah penetapan PKPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilu 2024, Kemenkeu akan membahas kekurangan anggaran tersebut," tutur dia.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif