Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh. Foto: MI/Rommy Pujianto
Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh. Foto: MI/Rommy Pujianto

ASN Diminta Optimalkan Layanan Kependudukan Digital

Nasional birokrasi kependudukan pelayanan kependudukan ASN
Kautsar Widya Prabowo • 09 Februari 2021 10:11
Jakarta: Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) Zudan Arif Fakrulloh meminta aparatur sipil negara (ASN) mengoptimalkan pelayanan secara digital. Hal ini untuk mempermudah kerja abdi negara. 
 
"Tidak ada alasan misalnya sedang rapat di Jakarta, pekerjaan menjadi terhambat. Surat tidak bisa ditandatangani, tidak boleh seperti itu," ujar Zudan dalam keterangan tertulis, Selasa, 9 Februari 2021. 
 
Zudan mencontohkan saat ini tanda tangan untuk semua dokumen kependudukan dapat dilakukan secara digital. Nantinya, dokumen tersebut tetap diterbitkan secara fisik melalui layanan daring.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kemendagri Diminta Profesional Mengelola Data Kependudukan
 
"Tidak ada lagi cap dan tanda tangan basah. Itulah yang kemudian kita terapkan ke seluruh Indonesia, jadi layanan dokumen kependudukan bisa lebih cepat," jelas Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu.
 
Zudan menyadari terobosan baru itu masih perlu penyempurnaan. Selain itu, masyarakat perlu mendapat literasi digital. Tidak sedikit masyarakat yang belum mengetahui adanya layanan kependudukan secara digital. 
 
"Ada yang bertanya untuk dokumen kependudukan yang dicetak di atas kertas putih,'Pak ini benar aktanya asli? Kok tidak ada tanda tangan dan tidak ada cap'," kata Zudan menirukan penyataan warga. 
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif