Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maman Immanulhaq. (Foto: MI/Mohamad Irfan)
Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maman Immanulhaq. (Foto: MI/Mohamad Irfan)

Politikus PKB Kritik Menag Lukman

Nasional kabinet jokowi kabinet kerja
Faisal Abdalla • 20 Juli 2019 16:53
Jakarta: Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maman Immanulhaq mengkritik kinerja Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin. Maman menilai Lukman bukan sosok petarung yang dibutuhkan Jokowi.
 
"Menteri Agama yang sekarang itu seorang negarawan, ngomongnya baik. Tapi bukan petarung. Bukan orang yang mampu memengaruhi anak buahnya untuk mengimplementasikan kebijakan," kata Maman, dalam sebuah diskusi di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Sabtu, 20 Juli 2019.
 
Maman menilai Lukman selama ini terkunci oleh bawahan-bawahanya. Sehingga banyak program yang tak terimplementasikan dengan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengaku mengetahui itu saat dirinya duduk di Komisi VIII yang salah satunya membidangi urusan keagamaan. Menurutnya, banyak suara pejabat eselon 1 dan eselon 3 di lingkungan Kemenag yang saling bertolak belakang.
 
Baca juga:Bamsoet Masuk Bursa Calon Ketua MPR
 
Sebaliknya, dia menilai Jokowi membutuhkan sosok menteri yang mampu melakukan humanisasi, "Saya menghapus kalimat deradikalisasi, menjadi humanisasi lewat penguatan guru-guru agama, para khatib, para dai dan juga program-program keagamaan dan keumatan. Jadi jangan sampai di 2024 masih ada isu sektarian, populisme agama," ujarnya.
 
Kendati dikritik, Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi justru membela Menteri Lukman. Rekan separtainya itu memaparkan sejumlah pencapaian yang telah berhasil diraih oleh Kementerian Agama dibawah kepemimpinan Lukman.
 
Pencapaian itu di antaranya pemberian predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) hingga keberhasilan Kemenag dalam mengelola jemaah Haji Indonesia yang merupakan jemaah dengan jumlah terbanyak.
 
Dia menanggapi santai kritikan Maman. Menurutnya, kritik Maman itu disampaikan lantaran dirinya digadang-gadang oleh PKB untuk menduduki posisi Menteri Agama.
 
"Ya orang yang mau menggantikan kan harus begitu (mengkritik)," kelakar Achmad.
 
Baca juga:Kemenag Terapkan Sistem Zonasi Atur Jemaah Haji di Makkah
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif