Ilustrasi ASN. Foto: Medcom.id/Farhan D
Ilustrasi ASN. Foto: Medcom.id/Farhan D

Rancangan Besar Tata Pemerintahan Digital Masih Digodok

Nasional Perampingan Pejabat Eselon
Kautsar Widya Prabowo • 04 Desember 2019 23:05
Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menyebut, rancangan besar untuk mendukung tata kelola pemerintah berbasis digital tengah digodok. Saat ini Indonesia telah menuju tranformasi digtal dalam bidang birokrasi.
 
Deputi Kelembagaan Kemenpan RB Rini Widyantini mengatakan, rancangan besar itu sebagai tindak lanjut rencana Presiden Joko Widodo mengganti eselon III dan IV dengan kecerdasan buatan. Pihaknya akan akan melibatakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT).
 
"Masalah teknologi, kita akan dorong LIPI, BPPT, kemudian brand misalnya membantu pemerintah untuk mendesain kecerdasan buatan. Sambil menunggu kebijakan grand desainya," ujar Rini kepada Medcom.id, di Kantor Kemenpan RB, Jakarta Selatan, Rabu, 4 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia memastikan, inovasi tekonlogi dalam birokrasi itu tidak akan menyalahi aturan yang telah ada. Pasalnya penggunaan inovasi tekonologi telah mereka terapakan dalam instusinya saat membuat Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).
 
"Kita tidak menghentikan inovasi-inovasi pelayanan berbasis tekonologi. Hanya saya dibatasi supaya ada efesiensi apalikasi bersifat umum dihentikan dulu," tuturnya.
 
Sebelumnya Presiden Joko Widodo ingin mengganti jabatan struktural pegawai negeri sipil (PNS) eselon III dan IV di kementerian/lembaga dengan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Jokowi ingin segala sesuatunya dilakukan dengan cepat.
 
"Saya sudah perintahkan juga ke MenPAN RB, eselon III dan IV diganti dengan AI, kalau diganti artificial intelligence birokrasi kita lebih cepat," ujarnya dalam pembukaan Kompas 100 CEI Forum Tahun 2019 di Grand Ballroom Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis, 28 November 2019.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif