Ketua DPR Puan Maharani. MI/Susanto
Ketua DPR Puan Maharani. MI/Susanto

Hari Kartini, Puan Ajak Perempuan Bersyukur Atas Keberhasilan UU TPKS

Nasional Hari Kartini Antikekerasan Seksual Perempuan DPR RI RUU PKS kekerasan seksual RUU TPKS
Juven Martua Sitompul • 21 April 2022 13:17
Jakarta: Ketua DPR Puan Maharani mengajak masyarakat khususnya perempuan mengucapkan syukur dan merayakan keberhasilan pengesahan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS). UU TPKS hadiah bagi perempuan di momen Hari Kartini.
 
'Di peringatan Hari Kartini kali ini, saya mengajak masyarakat Indonesia untuk bergembira merayakan UU TPKS yang baru saja disahkan pada 12 April 2022 setelah satu dekade kita perjuangkan," kata Puan melalui keterangan tertulis, Kamis, 21 April 2022.
 
Puan mengatakan UU TPKS disahkan berkat kerja keras semua masyarakat. Secara khusus, UU TPKS merupakan kado untuk perempuan Tanah Air mengingat kekerasan seksual banyak menyasar kaum hawa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena perempuan harus merdeka dalam segala aspek kehidupan," kata Puan.
 
Dia menyebut UU TPKS meliputi pencegahan, pemenuhan hak korban, pemulihan korban hingga mengatur tentang penanganan selama proses hukum kasus kekerasan seksual. Dengan beleid ini, para korban kekerasan seksual mendapat perlindungan lebih dari negara.
 
"Dan tentu saja keberhasilan pengesahan UU TPKS tidak terlepas atas kerja keras elemen perempuan Indonesia. Terutama para aktivis dan akademisi perempuan dari berbagai latar belakang yang selama ini tak mengenal lelah memperjuangkan UU TPKS," ucap dia.
 
Baca: UU TPKS Diharapkan Jadi Payung Hukum Komprehensif Lindungi Kaum Rentan
 
Mantan Menko PMK itu mengapresiasi gugus tugas dari pemerintah yang berkomitmen bersama DPR dalam mewujudkan UU TKPS. Menurut Puan, UU TPKS dapat disahkan atas perjuangan mayoritas anggota dewan perempuan DPR.
 
"Secara khusus saya berterima kasih untuk Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Ibu I Gusti Ayu Bintang Darmawati serta Ibu Menteri Sosial Tri Rismaharani dan tentunya untuk teman-teman anggota dewan perempuan yang mengawal tuntas UU TPKS," kata dia.
 
 
Halaman Selanjutnya
Di sisi lain, Puan mengakui…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif