Ilustrasi alutsista/MI
Ilustrasi alutsista/MI

Pembentukan Defend ID Disebut Sangat Vital

Nasional BUMN pertahanan negara Kementerian BUMN Erick Thohir industri pertahanan Defend Id
Media Indonesia.com • 22 April 2022 22:20
Jakarta: Holding industri pertahanan menjadi Defence Industry Indonesia (Defend ID) disebut membentuk ekosistem pertahanan nasional. Kebijakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir itu dinilai berkelanjutan atau sustainable.
 
"Konsistensi dan komitmen untuk menumbuhkan industri pertahanan dalam Negeri melalui BUMN pertahanan sangat vital," kata Peneliti bidang keamanan nasional dan Manajer Program Lembaga Studi Pertahanan dan Studi Strategis Indonesia (LESPERSSI), Beni Sukadis, dikutip dari Media Indonesia, Jumat, 22 April 2022.
 
Dia mengatakan konsolidasi industri itu berdampak sistematis di dalam dan luar negeri. Holding tersebut mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan terkait penggunaan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) 35 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Defend ID Bangun Kemandirian Pertahanan Nasional
 
Produk dalam negeri dapat terserap oleh belanja alat utama sistem pertahanan (alutsista) Indonesia yang mencapai Rp2-3 triliun. Sehingga, ada perputaran uang di dalam negeri yang memperkuat perekonomian.
 
"Tujuannya selain untuk alih teknologi, diharapkan Indonesia tak hanya sebagai konsumen saja. Tetapi Indonesia bisa menjadi bagian dari produsen alutsista global," ungkap Beni.
 
Beni percaya kewajiban TKDN 35 persen dalam jangka waktu tertentu meningkatkan kapasitas produksi dari industri pertahanan dalam negeri. Menurut Beni, BUMN pertahanan Indonesia tak kalah dengan produsen alutsista global.
 
Banyak produk unggulan dari  PT Pindad yang sudah diakui dunia seperti senjata serbu SS2, kendaraan pengangkut personel (APC) ANOA. Produk unggulan seperti ini harus menjadi prioritas untuk memenuhi alutsista TNI-Polri.
 
Defend ID juga dapat melakukan kerjasama dengan industri pertahanan swasta dalam membuat suku cadang ataupun pembuatan platform seperti kapal-kapal patroli kecil, drone, radar atau bahkan senjata/amunisi seperti misil, bom dan yang lainnya. Tujuannya agar industri dalam negeri dapat meningkat.
 
 
Halaman Selanjutnya
"Selain itu Defend ID juga…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif