11 Alasan Malaysia Menjadi Negara Favorit Tujuan Kuliah

Gervin Nathaniel Purba 26 Oktober 2018 12:50 WIB
Pameran Pendidikan
11 Alasan Malaysia Menjadi Negara Favorit Tujuan Kuliah
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
Jakarta: Malaysia menjadi salah satu negara favorit pelajar sebagai tujuan untuk kuliah. Lingkungan yang ramah dan keadaan ekonomi yang dinamis membuat para pelajar dari berbagai negara memantapkan pilihan kuliah di Malaysia.

Terdapat 11 alasan yang membuat para pelajar memilih Negeri Jiran sebagai tujuan kuliah.

1. Pendidikan Bermutu Tinggi


Pemerintah Malaysia berkomitmen memberikan mutu pendidikan tinggi kepada para pelajar internasional yang sedang kuliah di Malaysia. Seluruh insititusi pendidikan tinggi selalu dipantau oleh Kementerian Pendidikan Pemerintah Persekutuan. 

Hal ini bertujuan agar setiap institusi pendidikan tinggi mencapai mutu pendidikan dengan standar yang tinggi. Dengan demikian para pelajar dan orang tua tidak merasa khawatir dengan mutu pendidikan bila memilih kuliah di Malaysia.

2. Biaya Kuliah Terjangkau

Biaya kuliah di Malaysia relatif murah dan bisa dijangkau oleh para pelajar Indonesia dari kalangan biasa. Jadi, bila Anda memilih kuliah di Malaysia, maka Anda akan mendapatkan mutu pendidikan tinggi dengan dengan biaya kuliah relatif terjangkau.

Apalagi biaya kuliah di Malaysia sudah mencakup biaya pendaftaran, uang spp (biaya pendidikan), biaya laboratorium, biaya perpustakaan, deposit, biaya ujian, pemeriksaan medis, dan premi asuransi kesehatan dan kecelakaan.

3. Beragam Jenjang Pendidikan Tinggi

Pendidikan tinggi yang tersedia di Malaysia memiliki berbagai jenis jenjang. Banyaknya jenjang pendidikan ini menjadikan Malaysia cukup diminati kalangan pelajar internasional. Jenjang pendidikan tersebut di antaranya adalah Pre-U, Foundation, Diploma, S1, S2, S3, Gelar Ganda, Sertifikasi, dan lainnya.

4. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Dengan berkuliah di Malaysia, Anda bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris sehingga kesempatan mendapatkan pekerjaan lebih besar.

Hal ini karena bahasa Inggris dijadikan bahasa pengantar di universitas di Malaysia. Bahkan, bahasa Inggris merupakan satu-satunya bahasa yang digunakan sebagai bahasa pengantar pada universitas asing di Malaysia.

5. Tersedia Berbagai Universitas Asing dengan Biaya Lebih Murah

Beberapa universitas asing asal negara maju seperti Australia, Inggris, dan Amerika Serikat telah membuka cabang kampus di Malaysia. Cabang-cabang universitas asing yang ada di Malaysia ini memiliki kualitas yang sama seperti di negara asal dengan biaya relatif lebih murah.

6. Bertukar Wawasan Budaya antar Negara

Lebih dari 170 ribu pelajar internasional sedang menjalani kuliah di Malaysia. Keanekaragaman asal negara di kalangan para pelajar di Malaysia membuat mereka bisa saling bertukar wawasan budaya dan tradisi antar negara. Wawasan ini bisa memberikan manfaat pada kemudian hari.

7. Biaya Hidup Murah

Anda tidak hanya akan mendapatkan biaya kuliah relatif murah, tetapi juga biaya hidup lebih terjangkau. Biaya hidup di Malaysia dalam nominal rupiah bagi seorang pelajar sebesar Rp4 juta hingga Rp7 juta per bulan.

8. Kemudahan Proses Pembuatan Visa

Pemerintah Malaysia sangat mendukung kedatangan para pelajar internasional yang ingin kuliah di Malaysia. Salah satu bentuk dukungan ini terlihat dari kemudahan proses pembuatan visa.

Universitas di Malaysia bersedia membantu dalam proses aplikasi visa ini bagi setiap pelajar internasional yang telah diterima di universitas tersebut.

9. Berkesempatan Magang di Perusahaan Multinasional

Para pelajar internasional memiliki kesempatan magang di berbagai perusahaan ternama di Malaysia. Program magang untuk para pelajar internasional ditawarkan oleh beberapa perusahaan multinasional di Malaysia.

Perusahaan tersebut akan memberikan bayaran sekitar Rp1.750.000 hingga Rp3.500.000 per bulan. Perusahaan ternama tertentu di Malaysia, bahkan membayar lebih dari itu. Anda bukan hanya mendapatkan tambahan uang saku, tapi juga ilmu dan relasi di dunia kerja.

10. Rekreasi dan Variasi Makanan yang Berlimpah

Di Malaysia, terdapat banyak sekali ragam makanan, baik makanan lokal maupun internasional. Para pelajar internasional pun tidak akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan makanan. Selain itu, beraneka rekreasi menarik juga tersedia di Malaysia. Ragam rekreasi yang ada di Malaysia berupa rekreasi modern, suasana alam, cagar budaya, sejarah, dan masih banyak lagi.

11. International Degree

Universitas negeri dan swasta menawarkan berbagai kualifikasi tingkat sarjana dan pascasarjana. Di Malaysia juga terdapat beberapa kampus cabang dari universitas luar negeri seperti Inggris, Irlandia dan Australia, yang menawarkan program gelar dan transfer kredit nilai.

Twinning programme yang paling populer di Malaysia adalah ‘2+1’, dimana mahasiswa kuliah 2 tahun pertama di Malaysia, dan satu tahun terakhir dapat diselesaikan di Inggris, Australia, Kanada, Selandia Baru, Perancis atau Jerman.
 
Jika mahasiswa ingin kuliah di Amerika, mereka dapat memilih program ‘2+2’, dimana mereka kuliah dua tahun pertama di Malaysia dan dua tahun di Amerika.
 
Selain itu juga terdapat program ‘3+0’, dimana mahasiswa berkuliah 3 tahun di Malaysia dan tetap mendapatkan gelar dari universitas luar negeri.

Dari semua poin alasan yang disebutkan di atas, maka tidak heran jika Malaysia selalu menjadi pilihan favorit untuk kuliah. Tugas berikutnya tinggal memilih universitas yang dirasa cocok dengan para pelajar.

Untuk mengenal lebih dekat berbagai universitas yang ada di Malaysia, Anda bisa mengunjungi MEC Education Fare yang dilaksanakan pada November 2018. 

Tahun ini, MEC Education Fair dilaksanakan di tiga kota, yaitu Hotel Wyndham, Surabaya (3 November); Le Meridien, Jakarta (4 November); dan Hotel Novotel, Bandung (6 November).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai MEC Education Fair dan kuliah di luar negeri, kunjungi www.MEC.co.id atau hubungi WhatsApp 0818188296.




(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id