Penutupan Posko Mudik Kemenhub/Medcom.id/Ilham Pratama
Penutupan Posko Mudik Kemenhub/Medcom.id/Ilham Pratama

Posko Angkutan Lebaran 2019 Ditutup

Nasional Mudik Lebaran 2019 Ramadan 2019
Ilham Pratama Putra • 14 Juni 2019 09:50
Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menutup Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2019. Penutupan dilakukan langsung Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi.
 
Penutupan posko diawalai penanggalan tanda peserta posko secara simbolis oleh Budi. Budi mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder.
 
"Bahwa posko angkutan lebaran ini memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia. Saya secara pribadi, menyampaikan terima kasih pada stakeholder, Polri, Kementerian PU, Kementerian Kesehatan, Kementerian ESDM, BMKG, dan semua pihak lain yang tidak bisa disebutkan satu per satu," kata Budi di Gedung Kemenhub, Jakarta Pusat, Jumat, 14 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 378 Kapal Tambahan Disiapkan Antisipasi Arus Balik
 
Dia mengatakan pihaknya akan mengevaluasi masa angkutan Lebaran 2019. Kebijakan angkutan lebaran, moda transportasi yang digunakan, hingga angka kecelakaan menjadi perhatian Budi.
 
"Kita tentu mencatat satu hal positif dalam transportasi darat dengan menerapkan oneway, contra flow. Ke depannya kita perbaiki lebih baik lagi," beber dia.
 
Posko Angkutan Lebaran 2019 Ditutup
Dia juga menyorot jumlah pemudik yang naik. Angka pemudik kendaraan roda empat naik hingga 17 persen. Namun, penurunan terjadi pada pemudik motor hingga 12 persen ketimbang tahun lalu.
 
Baca: Jakarta Diserbu Sejuta Kendaraan dalam 5 Hari Arus Balik
 
Meski ditutup hari ini, Budi beranggapan arus balik masih belum selesai. Pasalnya, ada sekitar 7,8 persen kendaraan yang melakukan perjalanan mudik belum kembali.
 
Kemenhub juga mencatat terjadi penurunan angka kecelakaan. Penurunan mencapai 71 persen, dari 1.942 pada 2018 menjadi 560 kecelakaan.
 
Posko beroperasi selama 16 hari, mulai 29 Mei 2019. Menhub menyampaikan keberadaan posko sangat penting memperkuat koordinasi antara seluruh stakeholder yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan angkutan Lebaran 2019.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif