Penumpang kapal berjalan untuk naik ke KM Kirana IX yang bersandar di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Minggu (9/6/2019). Foto: Antara/Didik Suhartono
Penumpang kapal berjalan untuk naik ke KM Kirana IX yang bersandar di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Minggu (9/6/2019). Foto: Antara/Didik Suhartono

378 Kapal Tambahan Disiapkan Antisipasi Arus Balik

Nasional arus balik Mudik Lebaran 2019
Theofilus Ifan Sucipto • 13 Juni 2019 15:55
Jakarta: Kementerian Perhubungan menyiapkan 378 kapal tambahan untuk mengangkut penumpang yang hendak hendak kembali setelah mudik Lebaran 2019. Kelebihan penumpang sempat terjadi saat arus balik karena penumpang belum terbiasa dengan sistem tiket elektronik.
 
"Misalnya, kemarin dari Batam ke Tanjung Buton, ada 400 penumpang tidak terangkut. Tapi, saat ini sudah kita berangkatkan," kata Ketua Harian Posko Mudik Kemenhub, Ahmad, di Gedung Kemenhub, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Juni 2019.
 
Kendala utama penumpukan penumpang ini, kata dia, karena penumpang kapal belum terbiasa memesan tiket secara daring. Ahmad mengatakan butuh waktu bagi penumpang yang sebagian besar dari perdesaan untuk beradaptasi dengan tiket elektronik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, penumpang kapal umumnya masih menggunakan cara lama, yakni langsung datang ke pelabuhan tanpa terlebih dulu menyiapkan tiket.
 
"Memang butuh waktu untuk mengedukasi tiket elektronik ke masyarakat," ujarnya.
 
Baca: Imbas Tiket Pesawat Mahal Moda Transportasi Laut Diserbu
 
Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kemenhub itu mengungkapkan pihaknya terus mengimbau masyarakat membeli tiket elektronik. Hal ini untuk mengantisipasi kelebihan penumpang di pelabuhan.
 
Ahmad menyebut kapasitas orang di pelabuhan terbatas meskipun sudah disediakan tenda tambahan. Jika jumlah penumpang di pelabuhan sesuai kapasitas, keamanan dan kenyamanan penumpang juga akan maksimal.
 
Kemenhub menyatakan pemudik yang menggunakan moda transportasi laut meningkat 7,43 persen tahun ini seiring tingginya tiket pesawat. Tercatat sebanyak 1.188.845 orang menggunakan kapal laut untuk mudik. Data itu terekam sejak H-15 hingga H+4.
 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif