Ilustrasi halal. Foto: Medcom.id
Ilustrasi halal. Foto: Medcom.id

Fatwa Halal Tetap di Tangan MUI

Nasional sertifikasi halal Sertifikat Halal
Whisnu Mardiansyah • 17 Oktober 2019 14:21
Jakarta: Sertifikasi produk halal resmi dilakukan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) di bawah Kementerian Agama. Meski begitu, keputusan fatwa halal tetap di tangan Majelis Ulama Indonesia (MUI).
 
Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH Mastuki mengatakan sertifikat halal produk bisa dikeluarkan melalui proses pemeriksaan oleh Lembaga Pemeriksa Obat dan Makanan (LPOM) MUI. Setelah dinyatakan halal produk dibawa ke sidang fatwa MUI.
 
"Sidang fatwa itu sifatnya final. Jadi kalau bahan bahan produk yang berasal dari LP dinyatakan halal diserahkan keputusannya kepada BPJPH lalu wajib mengeluarkan sertifikat halalnya tidak ada lagi second opinion," kata Mastuki kepada Medcom.id, Kamis, 17 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala BPJPH Sukoso mengatakan pengajuan sertifikasi halal harus menyertakan beberapa syarat. Di antaranya, data pelaku usaha, nama dan jenis produk, daftar produk dan bahan yang digunakan, serta proses pengolahan produk.
 
"Permohonan sertifikat halal juga disertai dengan dokumen sistem jaminan halal. Pemeriksaan kelengkapan dokumen permohonan itu akan dilakukan oleh BPJPH,” tegas Sukoso.
 
Pemerintah menyelenggarakan Jaminan Produk Halal (JPH) melalui penandatanganan kerja sama lintas kementerian dan lembaga. Program ini dijalankan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).
 
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mememastikan pemerintah siap menjalankan JPH. Penyelenggaraan ini  sesuai amanat Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.
 
"Mulai 17 Oktober 2019 kami siap menyelenggarakan jaminan produk halal," kata Lukman.
 
Menag menjelaskan BPJPH menggantikan peran Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang selama ini menerbitkan sertifikasi halal kepada produk makanan dan minuman. Namun, MUI tetap berwenang menentukan kehalalan suatu produk. 
 
MUI juga masih berwenang mengeluarkan sertifikasi bagi auditor halal. Setiap lembaga pemeriksa halal juga harus memiliki auditor. 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif