MGN Summit Indonesia 2021: Publick Heath-Vaccine What to Expect varian baru virus covid-19. (Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)
MGN Summit Indonesia 2021: Publick Heath-Vaccine What to Expect varian baru virus covid-19. (Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)

Terpopuler Nasional, Kematian Akibat Covid-19 Tertinggi Hingga NasDem Tolak Fasilitas Isoman Berbintang

Nasional DKI Jakarta Virus Korona DPR RI covid-19 Isolasi Mandiri Pasien Covid-19 pandemi covid-19 Satgas Covid-19 Penularan covid-19 Berita Terpopuler Hari Ini Berita Terpopuler Nasional Pengidap Covid-19 PPKM Darurat
Juven Martua Sitompul • 30 Juli 2021 07:04
Jakarta: Sebanyak 30.168 orang meninggal akibat covid-19 selama 1 Juli hingga 28 Juli 2021. Kasus kematian bulan ini tertinggi sejak pandemi melanda Indonesia.
 
“Jumlah kematian di Juli menjadi bulan dengan kematian paling banyak selama pandemi di Indonesia,” kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi di Jakarta, Jumat, 29 Juli 2021.
 
Wiku menyebut korban jiwa selama Juli jauh lebih tinggi dibanding Juni 2021. Korban jiwa pada bulan lalu ada 7.913 orang.
 
Di kesempatan itu, Wiku memerinci 10 provinsi dengan kenaikan kasus mingguan terbanyak. Provinsi itu, yakni Jawa Tengah naik 825 kasus kematian dibanding minggu sebelumnya.
 
Berikutnya, Jawa Timur naik 586, DKI Jakarta naik 510, Kalimantan Timur naik 189, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) naik 136. Lalu, Riau naik 58, Bali naik 53, Sulawesi Selatan naik 48, Kalimantan Tengah naik 44, dan Sumatra Selatan naik 43.
 
“Kalimantan Timur, Riau, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, Sumatra Selatan turut jadi penyumbang tertinggi di luar Jawa-Bali. Ini harus jadi alarm,” tegas Wiku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selengkapnya baca di sini
 
Berita lain yang menarik perhatian pembaca di Kanal Nasional Medcom.id, yakni kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI terkait aturan makan di rumah makan dan warung tegal (warteg). Penjual dan pembeli diharuskan telah menerima vaksin covid-19.
 
Ketentuan tersebut tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) DKI Nomor 402 Tahun 2021 tentang PPKM level 4 pada sektor PPUKM. Aturan itu ditandatangani pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PPKUKM Andri Yansyah pada Senin, 26 Juli 2021.
 
"Penerapan protokol kesehatan (prokes) secara lebih ketat dengan memperhatikan 5M. Pelaku usaha/pedagang, dan pengunjung harus sudah divaksin covid-19," dikutip Medcom.id dari salinan aturan Kepala Dinas PPKUKM Nomor 402, Kamis, 29 Juli 2021.
 
Selain itu, warteg dan sejenisnya hanya diperkenankan beroperasi hingga pukul 20.00 WIB. Pengunjung yang hendak makan di tempat atau dine in mesti menaati beberapa ketentuan.
 
Baca selengkapnya di sini
 
Artikel berikutnya yang masih disorot pembaca, yaitu sikap tegas Fraksi Partai NasDem di DPR yang menolak fasilitas isolasi mandiri (isoman) di hotel berbintang. Fasilitas ini rencananya diberikan Kesekjenan DPR untuk anggota DPR yang positif covid-19.
 
"Kebijakan tersebut berlebihan mengingat saat ini tidak sedikit masyarakat di bawah yang kesulitan memperoleh layanan kesehatan. Akan lebih tepat jika fasilitas tersebut dialokasikan untuk kalangan rakyat bawah," kata Ketua Fraksi Partai NasDem di DPR Ahmad M Ali di Jakarta.
 
Menurut dia, kepercayaan publik terhadap DPR harus dijaga. Lembaga legislatif harus memberikan kesan tidak berjarak dengan kepentingan masyarakat.  
 
Fraksi NasDem, kata dia, mengajak semua pihak berempati terhadap masyarakat. Pasalnya, kehidupan publik sedang yang penuh keterbatasan karena pandemi covid-19.
 
"Fraksi NasDem memandang para anggota DPR bisa mengurus dirinya sendiri beserta keluarga untuk membiayai sendiri isolasi mandiri," ujar  dia.
 
Baca selangkapnya di sini
 
Artikel terkait kasus covid-19 dan wacana fasilitas isoman 'mewah' untuk wakil rakyat terus diperbarui. Simak selengkapnya hanya di sini.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif