Ilustrasi halal. Foto: Medcom.id
Ilustrasi halal. Foto: Medcom.id

Kanwil Kemenag Melayani Pengajuan Sertifikasi Halal

Nasional Sertifikasi Halal Sertifikat Halal
Ilham Pratama Putra • 18 Oktober 2019 13:13
Jakarta: Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Setjen Kementrian Agama (Kemenag), Mastuki, menyebut pelaku usaha dapat mengajukan sertifikasi halal pada tiap Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag. Pelayanan dilakukan manual.
 
"Pelaku usaha yang membawa dokumen kita siapkan di pelayanan terpadu satu pintu di setiap Kanwil. Dokumen nanti diterima poleh petugas, untuk melanjutkan isi formulir," kata Mastuki kepada Medcom.id, Jumat, 18 Oktober 2019.
 
Mastuki menjelaskan data pelaku usaha dan produk usaha akan terdaftar secara online. Ada empat syarat utama yang perlu disertakan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Data pelaku usaha, nama dan jenis produk, daftar produk dan bahan yang digunakan, proses pengelolaan produk dan Kebijakan Sistem Jaminan Halal (SJH)," papar dia.
 
Program sertifikasi halal akan dijalankan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).BPJPH akan menerbitkan sertifikat halal setelah berbagai tahapan dipenuhi. 
 
"Di BPJPH akan memeriksa dokumen pemohon, menetapkan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang dipilih pemohon," papar dia.  
 
Selanjutnya, LPH melakukan pemeriksaan atau pengujian halal produk. Mastuki menjelaskan dari uji halal itu Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan melaksanakan penetapan melalui sidang fatwa halal.
 
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan BPJPH menggantikan peran Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang selama ini menerbitkan sertifikasi halal kepada produk makanan dan minuman. Namun, MUI tetap berwenang menentukan kehalalan suatu produk.
 
MUI juga masih berwenang mengeluarkan sertifikasi bagi auditor halal. Setiap lembaga pemeriksa halal juga harus memiliki auditor.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif