Ilustrasi pesawat Sriwijaya Air. Dok. MI
Ilustrasi pesawat Sriwijaya Air. Dok. MI

KNKT Kumpulkan Rekam Percakapan ATC dan Pilot Sriwijaya Air SJ-182

Nasional pesawat hilang Pesawat Jatuh sriwijaya air Sriwijaya Air Jatuh Sriwijaya Air Hilang Kontak Pesawat Sriwijaya Air Sriwijaya Air SJ182 Sriwijaya Air Indonesia Sriwijaya Air Jakarta to Pontianak Sriwijaya Air Loses Contact
Fachri Audhia Hafiez • 10 Januari 2021 18:14
Jakarta: Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengumpulkan rekaman percakapan antara petugas pengatur lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) dan pilot Sriwijaya Air SJ-182. Terutama percakapan sebelum pesawat komersil tersebut hilang kontak dan jatuh di sekitar perairan Kepulauan Seribu.
 
"Sudah mengumpulkan rekaman berikut transkrip pembicaraan antara pilot dengan pengatur lalu lintas udara," kata Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo dalam program Breaking News Metro TV, Minggu, 10 Januari 2021.
 
KNKT melakukan wawancara dengan petugas lalu lintas udara yang bertugas mengendalikan penerbangan Sriwijaya Air SJ-182 pada Sabtu, 9 Januari 2021. Pengumpulan informasi melalui metode ini masih berlangsung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Belum semua tuntas dilakukan untuk selanjutnya masih ada beberapa interview yang dilakukan," terang Nurcahyo.
 
Tim KNKT juga mengantongi data mentah dari data radar pergerakan pesawat. Data ini akan dikaji lebih lanjut untuk keperluan investigasi kecelakaan pesawat nahas tersebut.
 
Baca: KNKT Fokus Cari Black Box Pesawat Sriwijaya Air SJ-182
 
Pesawat Sriwijaya Air dengan call sign SJ-182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak pukul 14.40 WIB, Sabtu, 9 Januari 2021. Pesawat berjenis Boeing 737-500 dengan nomor registrasi PK CLC itu lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, pukul 14.36 WIB.
 
Posisi terakhir pesawat itu berada di 11 mil laut utara Bandara Soetta, tepatnya di sekitar Pulau Laki, Kepulauan Seribu. Pesawat tercatat hendak menambah ketinggian dari 11 ribu ke 13 ribu kaki. Pesawat yang dipastikan jatuh itu mengangkut 62 orang yang terdiri atas 50 penumpang dan 12 kru.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif