Tim SAR pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di Kepulauan Seribu, Minggu, 10 Januari 2021. Medcom.id/Yurike Budiman
Tim SAR pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di Kepulauan Seribu, Minggu, 10 Januari 2021. Medcom.id/Yurike Budiman

KNKT Fokus Cari Black Box Pesawat Sriwijaya Air SJ-182

Nasional pesawat hilang Pesawat Jatuh sriwijaya air Sriwijaya Air Jatuh Sriwijaya Air Hilang Kontak Pesawat Sriwijaya Air Sriwijaya Air SJ182 Sriwijaya Air Indonesia Sriwijaya Air Jakarta to Pontianak Sriwijaya Air Loses Contact
Fachri Audhia Hafiez • 10 Januari 2021 17:22
Jakarta: Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) fokus ke pencarian black box pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di lokasi sinyal perangkat tersebut. Pihak berwajib menangkap sinyal dari black box perekam data penerbangan (flight recorder) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder) di sekitar perairan Kepulauan Seribu.
 
"Mudah-mudahan tidak terlalu lama kita bisa mendapatkan kedua black box itu," ujar Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam program Breaking News Metro TV, Minggu, 10 Januari 2021.
 
Soerjanto tak mengungkap detail koordinat temuan sinyal black box itu. Panglima TNI Hadi Tjahjanto sebelumnya menyebut sinyal black box ditangkap dari sekitar perairan Pulau Lancang dan Pulau Kaki, Kepulauan Seribu. Tim penyelam akan mencari di dasar laut dengan dukungan sejumlah alat pencarian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KNKT juga menelusuri dan menyelidiki titik ditemukannya serpihan pesawat. Hal ini guna kepentingan investigasi penyebab kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh.
 
"Kita juga menandakan di mana saja, untuk kita mengevaluasi bagaimana penyebaran serpihan tersebut," ujar dia.
 
Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dan tim SAR gabungan telah menemukan sejumlah serpihan pesawat diduga milik Sriwijaya Air SJ-182 yang hilang kontak pukul 14.40 WIB, Sabtu, 9 Januari 2021. Sejumlah bagian tubuh penumpang pesawat juga telah berhasil dievakuasi.
 
Baca: Black Box Sriwijaya Air SJ-182 di Sekitar Pulau Lancang dan Pulau Kaki
 
Pesawat Sriwijaya Air dengan call sign SJ-182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak pukul 14.40 WIB, Sabtu, 9 Januari 2021. Pesawat berjenis Boeing 737-500 dengan nomor registrasi PK CLC itu lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, pukul 14.36 WIB.
 
Posisi terakhir pesawat itu berada di 11 mil laut utara Bandara Soetta, tepatnya di sekitar Pulau Laki, Kepulauan Seribu. Pesawat tercatat hendak menambah ketinggian dari 11 ribu ke 13 ribu kaki. Pesawat yang dipastikan jatuh itu mengangkut 62 orang yang terdiri atas 50 penumpang dan 12 kru.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif