Direktur Eksekutif  Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) Ventje Rahardjo - Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.
Direktur Eksekutif Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) Ventje Rahardjo - Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.

Ma'ruf Minta KNKS Segera Bekerja

Nasional perbankan syariah
Muhammad Syahrul Ramadhan • 11 Februari 2019 13:59
Jakarta: Direktur Eksekutif Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) Ventje Rahardjo bertemu dengan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin. Ventje mengaku mendapat sejumlah arahan dari Ma'ruf.
 
“Hari ini kami mendapat arahan yang cukup jelas," kata Ventje, di Rumah Situbondo, Menteng Jakarta Pusat, Senin, 11 Februari 2019.
 
Ventje mengungkapkan, Ma'ruf ingin, lembaga yang berdiri sejak 2017 berdasarkan Perpres nomor 91 tahun 2016 itu segera berfungsi. Pertama, KNKS mempercepat pertumbuhan perbankan syariah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua, KNKS mempercepat pertumbuhan ekosistem digital syariah termasuk payment sistem syariah. "ketiga kaitan KNKS membantu pertumbuhan zakat baik penyaluran dan distribusi zakat di Indonesia,” papar dia.
 
Ventje menambahkan Ma'ruf ingin KNKS melakukan holding dengan bank-bank syariah milik negara.
 
(Baca juga:Bank BUMN Syariah Skala Besar Segera Hadir)
 
“Diteruskan kerja sama dengan kementerian BUMN dalam rangka pendirian holding perbankan termasuk di dalamnya bank-bank syariah yang dimiliki negara supaya segera dijadikan,” tutur dia.
 
KNKS dalam satu bulan ini, tutur Ventje, mulai membentuk organisasi. Dengan arahan-arahan Dewan Pengarah KNKS yang terdiri dari enam kementerian dan empat Lembaga.
 
Yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Menteri Keuangan, Menteri Agama, Menteri Badan Usaha Milik Negara, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Gubernur Bank Indonesia,Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan, dan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia.
 
(Baca juga:Kepala Bappenas Lantik Direktur Eksekutif KNKS)
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif