Mantan Kabais TNI Laksda (Purn) Soleman B. Ponto. Antara/Wahyu Andika
Mantan Kabais TNI Laksda (Purn) Soleman B. Ponto. Antara/Wahyu Andika

Penguatan Industri Kapal Militer Nasional Disebut Perlu Dukungan

Nasional alutsista tni tni bali Kecelakaan Kapal Kapal Selam TNI AL
Siti Yona Hukmana • 23 April 2021 13:27
Jakarta: Mantan Kepala Banda Intelijen Strategis (Kabais) Soleman Ponto mendukung pembuatan kapal militer dalam negeri. Menurut dia, Indonesia mampu membuat kapal untuk alat utama sistem persenjataan (alutsista), termasuk kapal selam.
 
"Buktinya kita sudah bisa meluncurkan KRI Alugoro, kan artinya kita bisa untuk itu. Kemudian ada juga beberapa yang sudah dibikin di PT PAL. Langkah ini sebenarnya harus didukung untuk terus dilakukan," kata Soleman dalam program Breaking News Metro TV, Jumat, 23 April 2021.
 
Dia memerinci sejumlah kapal yang telah dihasilkan PT PAL (Persero). Antara lain Kapal FPB 57 M, Kapal FPB 28 M, dan Kapal Landing Paltform Dock 125 M. Kapal-kapal tersebut telah dipakai TNI Angkatan Laut

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau ini (industri kapal) terus dipupuk, akan bagus industri pertahanan kita. Kemudian perawatannya juga bagus karena dibuat di dalam negeri," ujar Soleman.
 
Baca: Eks Kabais: Pengadaan Alutsista Lebih Baik Sedikit Tapi Baru
 
Hanya saja, dia mengakui teknologi di Indonesia belum sebagus di negara yang lebih dulu memproduksi kapal selam seperti Rusia dan Jerman. Namun, dia meyakini anak bangsa bisa mempelajari atau bahkan menemukan teknologibaru.
 
"Pak Habibie (Presiden RI ke-3) sudah memulai bagaimana mengirimkan putra-putra terbaik kita (mempelajari teknologi itu). Tinggal ada kemauan atau tidak itu saja. Kalau mau, saya kira bisa," ungkapnya.
 
Insiden KRI Nanggala-402 yang hilang kontak di perairan utara Bali pada Rabu dini hari, 21 April 2021, menjadi alarm bagi sektor pertahanan dan militer Indonesia. Pemerintah diminta tidak lagi membeli atau overhaul kapal berusia uzur untuk mencegah kejadian serupa.
 
Dia menyebut kapal-kapal Indonesia saat ini banyak yang sudah tua. Menurut Soleman, banyak hal yang harus dilakukan pemerintah untuk memperbaiki alutsista nasional.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif