Kapal selam KRI Nanggala-402 saat latihan Pratugas Satgas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Maphilindo 2017 di Laut Jawa. ANT/Syaiful Arif
Kapal selam KRI Nanggala-402 saat latihan Pratugas Satgas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Maphilindo 2017 di Laut Jawa. ANT/Syaiful Arif

Fakta-fakta Seputar 53 Awak KRI Nanggala-402 yang Tenggelam dan Gugur di Perairan Bali

Nasional Kecelakaan Kapal Kapal Selam TNI AL Kapal tenggelam KRI Nanggala (402)
Patrick Pinaria • 26 April 2021 17:33
Jakarta: KRI Nanggala-402 tenggelam di wilayah perairan Bali pada pekan lalu. Seluruh awak kapal dinyatakan gugur dalam tragedi tersebut.
 
Peristiwa berawal ketika KRI Nanggala-402 hilang kontak pada Rabu 21 April dini hari. Upaya pencarian kapal pun langsung dilakukan secara maksimal. Dimulai dari pengerahan 21 armada, 400 personel TNI, hingga mendapat bantuan dari negara-negara sahabat seperti Australia, Amerika Serikat, dan Singapura.
 
Lima hari pun berlalu sejak pencarian dimulai. Namun, hasil pencarian pun harus berujung tragedi. Tepat pada Minggu 25 April, pihak TNI mengumumkan KRI Nanggala-402 dipastikan tenggelam dan sebanyak 53 awak kapal dinyatakan gugur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut laporan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, KRI Nanggala-402 ditemukan di kedalaman 838 meter.
 
Sebanyak 53 kru kapal juga dipastikan tidak selamat dalam kecelakaan tersebut. Hal itu diperkuat dengan foto bawah laut yang diperoleh KRI Rigel dan Kapal MV Switf Rescue Singapura.
 
"Dengan penuh kesedihan mendalam saya nyatakan 53 awak kapal yang on board telah gugur," ujar Panglima TNI Jenderal Marsekal Hadi Tjahanto dalam konferensi pers, Minggu, 25 April 2021.
 
Halaman Selanjutnya
Selain fakta di atas, masih…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif