Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (baju hitam) memantau vaksinasi. (Istimewa)
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (baju hitam) memantau vaksinasi. (Istimewa)

Indonesia Perlu Miliki Medical Intelligence Andal

Media Indonesia.com • 14 Maret 2022 20:01
Jakarta: Pelonggaran pembatasan kerap memungkinkan munculnya ancaman sebaran covid-19 atau virus lainnya. Sehingga, Indonesia harus memiliki medical intelligence yang andal.
 
"Berdasarkan data dan fakta, serta foresight medical intelligence dalam rentang tahun ke depan emerging virus akan terus muncul. Kita harus siap dan waspada. Indonesia harus memiliki level kemandirian yang memadai untuk mampu menanggulangi ancaman biologis maupun kimia," ujar Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dalam keterangan tertulis, Senin, 14 Maret 2022. 
 
Objek survailans-nya tidak hanya virus, tapi mencakup banyak elemen seperti ancaman nuklir, biologi, dan kimia (nubika). Menurut UU Nomor 17/ 2011 tentang intelijen negara, BIN harus di lini terdepan dalam menjaga keamanan nasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Laju Vaksinasi Covid-19 Indonesia Tertinggal dari Arab Saudi dan Malaysia
 
Sejak covid-19 merebak, BIN telah mengaktifkan unit medical intelligent dengan berbagai kegiatan deteksi, identifikasi, asesmen, respon, dan tanggulang. Bekerja sama dengan lembaga lain, BIN juga terlibat dalam penelitian dan produksi vaksin nasional, alat-alat medis, hingga obat-obatan. 
 
Namun, menurut Budi, kini saatnya Indonesia memiliki medical intelligence yang mumpuni. Sehingga bisa menghadapi berbagai ancaman berikutnya.
 
"Jenis ancaman terhadap keamanan dan keselamatan negara semakin berkembang. Emerging viruses hanya bagian dari objek medical intelligence. Banyak ancaman lain yang dicakup, baik itu hasil buatan manusia karena ketegangan dunia maupun perubahan geopolitik, maupun hasil alami karena perubahan iklim yang mendorong muncul atau bermutasinya virus, kuman, biopatogen," papar dia. 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif