Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon
Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon

Taman Impian Jaya Ancol Siap Sambut Asian Games 2018

Nasional Taman Impian Jaya Ancol
Anggi Tondi Martaon • 30 Juli 2018 16:50
Jakarta: Asian Games 2018 akan digelar pada 18 Agustus. Berbagai persiapan terus digenjot agar penyelenggaraan berjalan lancar.
 
Taman Impian Jaya Ancol turut menjadi salah satu pihak yang sibuk berbenah diri menyambut Asian Games 2018. Selain mempersiapkan sarana dan acara hiburan, kawasan rekreasi yang berada di kawasan Jakarta Utara itu juga menjadi tempat penyelenggaraan dua cabang olahraga (cabor), yaitu jetski dan layar.
 
Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, C Paul Tehusijarana optimistis penyelenggaraan Asian Games, khususnya di kawasan Ancol, akan berjalan aman, nyaman, dan lancar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami berharap ke depan kegiatan yang digelar dapat berjalan lancar," kata Paul, saat memberikan kata sambutan pada acara diskusi Ngobrol Tempo membahas Kesiapan Jakarta Menyambut Asian Games 2018, di Candi Bentar Hall, Putri Duyung Ancol, Jalan Lodan Timur, Jakarta Utara, Kamis, 26 Juli 2018.
 
Untuk menyambut Asian Games 2018, pihak PT Pembangunan Jaya Ancol menyelenggarakan Ancol Asia Festival. Rangkaian acara berisi beragam atraksi, hiburan, dan festival bernuansa Asia, yaitu sebagai berikut.
 
Ancol Kampung Betawi
 
Diselenggarakan di Pasar Seni dengan tujuan memperkenalkan budaya Betawi kepada pengunjung, khususnya peserta Asian Games 2018. Pengunjung bisa menikmati ragam kuliner Betawi dan budaya khas warga asli Ibu Kota.
 
Asian Lantern Festival
 
Acara ini mengemas penampilan budaya Asia dengan festival lampu lampion. Juga akan ada Festival Perahu Nusantara dengan hiasan budaya lokal Indonesia di Pantai Lagoon.
 
Ancol Aquathlon
 
Tak hanya menjadi tempat kompetisi dua cabor, Ancol akan menyelenggarakan lomba renang dan lari di Pantai Lagoon. Perlombaan untuk pengunjung domestik dan mancanegara.
 
Ancol Kemerdekaan Festival
 
Rangkaian Ancol Asian Festival akan ditutup acara Ancol Kemerdekaan Festival. Kegiatan yang digelar di Pantai Carnaval ini bertujuan memeriahkan perayaan HUT ke-73 RI , yaitu dengan lomba panjat pinang sebanyak 188 batang.
 
Direksi PT Pembangunan Jaya Ancol Agus Sudarno menyebutkan beberapa rangkaian acara sudah dimulai beberapa bulan sebelumnya, berbarengan dengan HUT DKI Jakarta.
 
Berkaitan dengan Asian Games 2018, pihak pengelola tak henti menyosialisasikan kepada pengunjung. Hal itu sebagai bentuk kontribusi PT Pembangunan Jaya Ancol menyukseskan penyelenggaraan pesta olahraga tingkat Benua Asia.
 
"Menurut perhitungan kami, dalam tiga bulan terakhir, jumlah pengunjung ke Ancol sekitar 4 jutaan. Semoga ini bisa mempromosikan Asian Games kepada masyarakat, khususnya pengunjung Ancol," kata Agus.
 
Soal keamanan saat berlangsungnya dua cabor di Ancol, Agus menjelaskan, telah mengikuti standard operating procedure (SOP) yang ditetapkan Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC).
 
"Kita akan kita ikuti SOP. Staf kita sedang ikut rapat di Palembang untuk membicarakan bagaimana pengamanan yang akan kita terapkan nanti," kata dia.
 
Taman Impian Jaya Ancol Siap Sambut Asian Games 2018
Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, C Paul Tehusijarana (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
 
Mengenai persiapan pertandingan, Agus menyebutkan bahwa pembangunan venue berjalan baik. Dia mengapresiasi pemerintah yang mampu membangun sarana dua cabor olahraga dalam waktu cepat dan memenuhi standar internasional.
 
"Saya termasuk saksi pembangunan dua venue di Ancol sangat luar biasa. Karena dikerjakan hanya dalam lima bulan. Itu bukti bahwa kita bersemangat dalam menyukseskan Asian Games 2018," ujar Agus.
 
Ditemui di lokasi yang sama, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyampaikan, dua venue yang dibangun di Ancol sudah memenuhi standar internasional. "Dua venue dinyatakan sudah kelas dunia. Bahkan, venue jetski merupakan yang terbaik di dunia," kata Sandi.
 
Khusus untuk jetski, Sandi menyebutkan venue yang dalam proses finalisasi itu akan menjadi sarana jetski permanen pertama di dunia. Sebab, sarana jetski biasanya dibangun semi permanen pada setiap perlombaan.
 
"Venue jetski di Ancol dibuat permanen. Mudah-mudahan semakin memotivasi para atlet untuk mendulang prestasi mengharumkan nama Indonesia pada Asian Games 2018," kata Sandi.

 

(ROS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif