Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. Dok.KLHK.
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. Dok.KLHK.

Pemerintah Serius Mengurangi Sampah Plastik di Laut

Nasional Tumpukan Sampah Plastik
Antara • 11 Juli 2019 15:08
Jakarta: Pemerintah berupaya mengurangi sampah plasti di perairan Indonesia. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan pemerintah berkomitmen mengurangi sampah plastik di lautan hingga 70 persen.
 
"Dalam pengendalian pencemaran dan kerusakan pesisir serta laut, pemerintah telah menyatakan komitmen mengurangi sampah plastik di laut sampai dengan 70 persen pada 2025," kata Siti saat membuka acara Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis, 11 Juli 2019.
 
Baca: Wapres Sindir Usaha Tambang Rusak Lingkungan dan Hutan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah telah menjalankan sejumlah strategi mewujudkan target itu. Siti menyebut pemerintah gencar meningkatkan kesadaran pemangku kepentingan terkait pengurangan sampah plastik.
 
Pemerintah juga menggalakkan pengelolaan sampah plastik terestrial melalui tiga program, yakni program pengelolaan sampah plastik pada daerah aliran sungai (DAS), pengendalian sampah plastik dari sektor industri hulu, dan pengendalian sampah plastik dari sektor industri hilir. Pemerintah juga membuat mekanisme pendanaan pengelolaan sampah plastik di pesisir laut,penguatan kelembagaan, penegakan hukum, dan penelitian serta pengembangan.
 
Menteri Siti Nurbaya mengakui masalah sampah plastik di laut cukup pelik. Politikus NasDem itu mengatakan 80 persen sampah di laut itu berasal dari kegiatan di daratan seperti wilayah pesisir dan sungai.
 
Survei pemantauan sampah laut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat 18 kabupaten memiliki rata-rata timbunan 106,38 gram sampah laut per meter persegi. Angka itu tercatat selama 2017 dan 2018.
 
Baca: 10 Tokoh dan Kelompok Masyarakat Dapat Penghargaan Kalpataru 2019
 
Sementara pencemaran pesisir dan laut disebut tidak saja bersumber dari daratan tetapi juga bersumber dari lautan. Sekitar 20 persen sampah plastik dari laut berasal dari sektor pelayaran dan perikanan.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif