Ilustrasi ibadah umrah dan haji. Foto: Dok. AFP
Ilustrasi ibadah umrah dan haji. Foto: Dok. AFP

Manasik Haji Dipersingkat Jadi 6 Kali

Nasional kementerian agama haji ibadah haji Kemenag
M Iqbal Al Machmudi • 29 April 2022 11:12
Jakarta: Pelaksanaan manasik haji akan dipersingkat menjadi enam kali dengan rincian empat kali di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan dan dua kali di Kantor Kemenag Kabupaten/Kota. Hal itu dilakukan karena waktu keberangkatan kloter I semakin dekat.
 
"Pembekalan untuk jemaah, kita sudah sepakat manasik akan lebih singkat tidak seperti biasanya 10 kali dengan rincian delapan kali di KUA dan dua Kali di Kantor Kemenag, kemarin kita sudah sepakati enam kali dengan rincian empat kali di KUA dan dua kali di Kantor Kemenag," kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief, Jakarta, Jumat, 29 April 2022.
 
Dengan begitu, materi akan dibuat lebih condense atau lebih padat agar substansinya tetap tersampaikan kepada jemaah haji. Dia memastikan informasi di beberapa daerah jemaah sudah memantau daftar nama yang berhak berangkat maupun masih masuk daftar tunggu tidak valid.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia berharap kejadian ini tetap dimitigasi sehingga berita bohong atau hoaks tidak ada lagi. "Jangan sampai menjadi bahan di daerah nanti yang muncul berita yang kurang baik itu, jadi nanti penyampaian ke masyarakat juga lebih pas," jelas dia.
 
Baca: Kloter Pertama Haji Indonesia Direncanakan Berangkat 4 Juni 2022
 
Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1443H/2022M bahwa jemaah akan masuk asrama haji pada 3 Juni 2022. Untuk perjalanan dari Indonesia dibagi menjadi dua kloter, yakni keberangkatan kloter pertama 4-18 Juni menuju ke Madinah dan kloter kedua pada 19 Juni hingga 3 Juli melalui Jeddah Arab Saudi.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif