Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Cegah Kenaikan Kasus Covid-19, Pemerintah Dorong Akselerasi Vaksin Booster

Antara • 30 Juni 2022 17:58
Jakarta: Pemerintah mendorong akselerasi pelaksanaan vaksin booster mencegah penularan virus korona subvarian omicron, terutama BA.4 dan BA.5. Selain itu, pemerintah tetap menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga Senin, 4 Juli 2022. 
 
Satgas Covid-19 mencatat ada kenaikan kasus positif covid-19 di Tanah Air, meski tidak setinggi negara-negara lain. Angka rata-rata mingguan masih di bawah 2 ribu kasus per hari. Angka reproduksi kasus efektif (Rt) nasional tetap stabil di angka 1,00. Artinya, laju penularan terkendali. 
 
Per Selasa, 28 Juni 2022, tambahan kasus harian nasional sebanyak 2.167. Kasus aktif sebanyak 15.310 dengan sumber transmisi penularan kasus dari lokal sebanyak 2.090 dan PPLN sebanyak 77. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kasus kematian harian sangat rendah. Sedangkan jumlah testing relatif stabil di kisaran 50 ribu sampai 60 ribu orang per hari.
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan positivity rate harian masih dalam level aman, yakni kurang dari 5 persen. Namun, persentase ini menunjukkan tren peningkatan dari sebesar 1,31 persen pada 11 Juni, menjadi 3,46 persen pada 28 Juni. Positivity rate mingguan sebesar 3,57 persen.
 
Untuk menekan penularan kasus, pemerintah mendorong percepatan pelaksanaan vaksinasi booster. Apalagi capaian vaksinasi di luar Jawa Bali masih rendah. 
 
Baca: Positivity Rate Indonesia Mencapai 3,93%
 
Per 28 Juni, ada dua provinsi yang capaian vaksinasi dosis pertama masih di bawah 70 persen, yaitu Papua Barat dan Papua. Untuk vaksinasi dosis kedua, sebanyak 10 provinsi dengan capaian di bawah 70 persen. 
 
Sedangkan untuk vaksinasi dosis ketiga, masih ada 23 provinsi yang capaiannya di bawah 30 persen. Vaksinasi lansia dosis pertama sebanyak tujuh provinsi di luar Jawa-Bali yang capaiannya kurang dari 70 persen. 
 
Halaman Selanjutnya
Dosis kedua untuk lansia masih…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif