Ilustrasi Medcom.id/Rakhmat Riyandi.
Ilustrasi Medcom.id/Rakhmat Riyandi.

Teroris di Bogor Ingin Lancarkan Aksi saat Pemilu

Nasional terorisme
Cindy • 18 Mei 2019 20:10
Jakarta: Terduga teroris berinisial E alias Abu Rafi alias Pak Jenggot yang ditangkap Detasemen Khusus (Densus) 88 di Bogor, berencana meledakkan bom saat momentum Pemilu. Anggota kelompok Abu Hamzah, tokoh ISIS Indonesia, itu diduga ingin menunjukkan eksistensinya melalui aksi pengeboman tanggal 22 Mei 2019.
 
"Momentum tanggal 22 Mei merupakan momentum ketika mereka melakukan aksi. Mereka menunjukkan eksistensinya, bukan hanya di nasional tapi juga internasional," kata Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Sabtu, 18 Mei 2019.
 
Baca juga: Polri: Teroris Kini Lebih Agresif

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain melancarkan aksi saat pemilu, kelompok teroris ini juga menyasar aparat keamanan. Upaya itu untuk menunjukkan keberadaan kelompok Abu Hamzah tersebut.
 
"Sasaran amaliyah dengan tauhid, aparat keamanan, khususnya kepolisian. Mereka menunjukkan ke Abu Hamzah, ini kelompok kita masih eksis," ucap Dedi.
 
Dia menuturkan kelompok Abu Hamzah lebih luas, militan dan beraliran Indonesia Timur. Kelompok ini merupakan pecahan kelompok Jamaah Ansarut Daulah (JAD) yang berhubungan dengan ISIS.
 
"Kelompok ini lebih keras ajarannya maupun lebih militan. Dan ini diajarkan oleh salah satu tokoh juga yaitu TH, deportan yang sudah dua kali ke Suriah dan juga pernah dipulangkan ke Indonesia," tutur Dedi.
 
Baca juga: Waspada Teror 22 Mei, Masyarakat Diimbau Tak Demo
 
Lanjutnya, kelompok teroris baik JAD Lampung, Bekasi, Bandung, Jawa dan kelompok Abu Hamzah dinilai semakin mendekati momentum Pemilu. Sebab kelompok terakhir yang ditangkap berada di Bogor.
 
"Artinya bahwa kelompok-kelompok mereka ini mulai mendekat untuk tanggal 22 (Mei) ini merupakan nyata seperti itu," imbuhnya.
 

(BOW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif