Selebgram Rachel Vennya menjalani sidang di PN Tangerang, Jumat, 10 Desember 2021. Foto: Medcom.id/Hendrik Simorangkir
Selebgram Rachel Vennya menjalani sidang di PN Tangerang, Jumat, 10 Desember 2021. Foto: Medcom.id/Hendrik Simorangkir

Bantu Rachel Vennya Kabur, Staf DPR Dinonaktifkan

Nasional DPR RI Rachel Vennya protokol kesehatan Pelanggaran Protokol Kesehatan Rachel Vennya Kabur Rachel Vennya Tersangka Kabur Karantina
Kautsar Widya Prabowo • 14 Desember 2021 12:17
Jakarta: Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR menonaktifkan pegawainya, Ovelina Pratiwi, karena terbukti membantu selebgram Rachel Vennya kabur dari karantina kesehatan. Pegawai kontrak DPR itu sempat diperbantukan di Bandara Soekarno-Hatta.  
 
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar menyebutkan Ovelina sudah melanggar ketentuan. Pada saat kejadian, Ovelina diketahui sedang tidak bertugas. 
 
"Sehingga segala tindakannya di luar tanggung jawab kedinasan karena itu (aksi) pribadi," ujar Indra saat dikonfirmasi, Selasa, 14 Desember 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, Ovelina dibebastugaskan sejak Oktober 2021. Indra tidak mengetahui alasan staf DPR itu nekat membantu Rachel Vennya di bandara. 
 
Baca: 4 Fakta Vonis Rachel Vennya: 4 Bulan Bui, tapi Boleh Tak Masuk Jeruji
 
"Itu di luar tugasnya sebagai petugas protokol bandara," terang Indra.
 
Dalam persidangan pelanggaran protokol kesehatan (prokes), Rachel Vennya mengakui menyogok agar bebas dari karantina. Dia memberikan uang melalui Ovelina.
 
"Saya membayar Rp40 juta dan uangnya sudah dikembalikan ke saya," ujar Rachel Vennya dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tangerang, Jumat, 10 Desember 2021.
 
Ovelina lalu memberikan uang Rp30 juta kepada prajurit TNI AU yang membantu meloloskan Rachel. Petugas Bandara Soetta itu ikut menjadi terdakwa pada kasus ini.
 
Rachel Vennya diputuskan bersalah atas kasus pelanggaran karantina kesehatan. Dia divonis empat bulan kurungan dengan delapan bulan masa percobaan.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif