Selebgram Rachel Vennya menjalani sidang di PN Tangerang, Jumat, 10 Desember 2021. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir
Selebgram Rachel Vennya menjalani sidang di PN Tangerang, Jumat, 10 Desember 2021. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir

4 Fakta Vonis Rachel Vennya: 4 Bulan Bui, tapi Boleh Tak Masuk Jeruji

Hiburan bandara soetta wisma atlet jakarta Rachel Vennya karantina mandiri Pelanggaran Protokol Kesehatan Rachel Vennya Kabur Rachel Vennya Tersangka Kabur Karantina
Sri Yanti Nainggolan • 11 Desember 2021 12:25
Jakarta: Rachel Vennya menjalani sidang vonis terkait pelanggaran protokol kesehatan covid-19 di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Banten, pada Jumat, 10 Desember 2021. Ia divonis empat bulan penjara.
 
Rachel Vennya dipersangkakan melanggar Pasal 9 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan dan Pasal 14 UU Nomor 4 Tahun 1984 Tentang Wabah Penyakit Menular.  
 
Berikut empat fakta terkait hasil sidang vonis Rachel Vennya yang kabur dari proses karantina pascakembali dari New York, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu.

1. Rachel Vennya divonis empat bulan penjara

Hakim Ketua Arif Budi Cahyono yang memimpin sidang menjatuhi Rachel Vennya hukuman empat bulan penjara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Majelis hakim sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU), dijatuhkan hukuman empat bulan penjara, dengan delapan bulan percobaan dan denda Rp50 juta," kata Arif Budi Cahyono pada Jumat, 10 Desember 2021.
 
Arif menuturkan hukuman itu juga dijatuhkan kepada ketiga terdakwa lainnya yakni Salim Nauderer selaku kekasih Rachel Vennya, Maulida selaku manajer Rachel Vennya, dan petugas Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Ovelina.
 
Selebgram Rachel Vennya meminta maaf usai diperiksa penyidik Polda Metro Jaya. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Selebgram Rachel Vennya meminta maaf usai diperiksa penyidik Polda Metro Jaya. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana

2. Rachel Vennya tak harus dipenjara

Arif menjelaskan, hukuman empat bulan kurungan penjara itu boleh tidak dijalankan Rachel Vennya. Namun, dengan mempertimbangkan berakhirnya masa percobaan selama delapan bulan, dan subsider satu bulan kurungan.
 
"Untuk hukuman empat bulan penjara tersebut boleh tidak dijalankan, namun dengan melihat delapan bulan percobaan," tuturnya.

3. Rachel Vennya kena denda Rp50 juta

Apabila Rachel Vennya dan pacarnya, Salim Nauderer, Maulida Khairunnisa, dan Ovelina, tidak membayar uang denda, mereka harus menjalankan hukuman penjara.
 
"Dengan syarat dalam masa percobaan dan pidana, denda sebesar Rp50 juta, dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar, diganti dengan pidana kurungan selama satu bulan kurungan," jelas jaksa.

4. Rachel Vennya menyuap petugas Bandara Soetta Rp40 juta

Rachel Vennya mengakui menyogok agar bebas dari karantina. Ia menyerahkan uang sebesar Rp40 juta
 
"Saya membayar Rp40 juta dan uangnya sudah dikembalikan ke saya. Waktu itu diserahkan ke Ovelina," aku Rachel Vennya.
 
Baca: Rachel Vennya Menyogok Rp40 Juta agar Lolos Karantina di Wisma Atlet
 
Ovelina memberikan uang Rp30 juta kepada anggota TNI AU yang membantu meloloskan Rachel Vennya. Uang itu dikirim melalui rekening adiknya, Kania. Oknum petugas Bandara Soetta itu pun menjadi terdakwa kasus ini.
 
Ketika pulang dari Amerika Serikat dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Rachel Vennya diantar petugas ke Wisma Atlet untuk menjalankan karantina.
 
Namun, dia mengaku tidak masuk ke area Wisma Atlet. Rachel Vennya dijemput oleh oknum TNI AU dan diantarkan ke rumahnya.
 
"Dari bus saya sampai ke Wisma Atlet tapi saya langsung pulang. Saat itu tidak sempat mendaftar dan didata," tutur Rachel Vennya.
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif