foto: istimewa
foto: istimewa

Polri Pakai Helikopter dan Drone untuk Pantau Korban Gempa Cianjur

Candra Yuri Nuralam • 27 November 2022 09:36
Jakarta: Polri menerbangkan helikopter dan drone (pesawat nirawak) untuk mencari korban gempa di Cianjur, Jawa Barat. Pemantauan udara itu digunakan untuk mencari warga yang membuat pengungsian mandiri, karena lokasinya sulit dijangkau.
 
"Jadi kami mengirim tim kecil ini menggunakan alat transportasi helikopter dari Polairud di mana tim drone Brimob tersebut juga telah membawa perlengkapan drone untuk mencari kemungkinan adanya shelter-shelter warga," kata Koordinator Tim SAR Vertical Rescue Satlat Korps Brimob, Kombes Rantau Isnur Eka melalui keterangan tertulis, Minggu, 27 November 2022.
 
Rantau mengatakan helikopter dan drone itu digunakan agar Polri bisa memantau tempat yang sulit dijangkau kendaraan roda dua dan empat. Polisi langsung menyambangi lokasi pengungsi mandiri, pengungsian warga jika pesawat nirawak itu menemukan tenda swadaya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Drone dan pesawat itu juga digunakan untuk mencari informasi tambahan terkait dampak gempa di Cianjur. Pemantauan udara diyakini lebih mutakhir.

Baca: 6 Pengungsi Gempa Cianjur Dirawat di RSUD Sayang


Masih ada tiga lokasi yang terisolasi akibat gempa yakni Kampung Kadu Gede, Pasir Manggu dan Pasar Tunagan. Drone itu bakal memantau tiga tempat itu dari udara. Polri bakal menerbangkan pesawat itu selama seminggu.
 
"Kita sudah membawa bekal untuk enam hari perjalanan," ucap Rantau.
 
Polisi juga bakal memanfaatkan keterangan warga untuk mencari lokasi terisolasi lainnya. Semua informasi terkait korban dipastikan ditindaklanjuti.
 
"Nah, nanti media itu bakal kita saring lagi semua informasinya," tutur Rantau.
 
(LDS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif