Biaya Kuliah di Malaysia Lebih Terjangkau? Ini Kalkulasinya

Rosa Anggreati 04 November 2018 16:10 WIB
Biaya Pendidikan
Biaya Kuliah di Malaysia Lebih Terjangkau? Ini Kalkulasinya
?Malaysia menjadi salah satu negara Asia yang memenuhi persyaratan untuk kuliah (Foto:Dok.MEC)
Jakarta: Malaysia menjadi salah satu negara Asia yang memenuhi persyaratan untuk kuliah. Banyak kelebihan yang ditawarkan negara ini.

Salah satu kelebihan yang menonjol ialah biaya hidup di sana relatif terjangkau. Ibu Kota Malaysia, Kuala Lumpur, merupakan salah satu kota dengan biaya hidup paling terjangkau di dunia. Biaya akomodasi di dalam dan di luar kampus termasuk murah jika dibandingkan negara lain.  Dengan biaya hidup sekitar RM1.200 per bulan, Anda sudah bisa hidup dengan nyaman di Malaysia.
 
Besarnya biaya hidup tentu saja bergantung pada lokasi tempat tinggal. Jika ingin tinggal di dekat kota, Anda membutuhkan sekitar RM1.200 hingga RM1.500 setiap bulannya.

Berikut ini, perkiraan biaya yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan selama kuliah di Malaysia.
 
1. Tempat Tinggal


Biaya sewa akomodasi di Malaysia berkisar antara RM300 hingga RM450, bergantung jenis kamar dan jenis tempat tinggal. Pada umumnya mahasiswa tinggal di kondominium karena biaya relatif terjangkau, ditambah kenyamanan yang ditawarkan. Jika Anda memilih kamar single standar di kondominium standar, biaya sewa biasanya sekitar RM400. Jika di kondominium yang lebih mewah, biaya sewa kamar single sekitar RM600 atau lebih.
 
Tersedia juga pilihan lain berupa apartemen, menyewa rumah (satu tingkat atau dua tingkat), atau asrama. Biaya sewa biasanya tidak termasuk biaya telepon rumah, listrik, air, internet, dan gas. Tetapi kebanyakan akomodasi menyediakan perlengkapan umum seperti telepon, televisi, perlengkapan dapur, dan lain-lain.
 
2. Makan

Harga makanan di Malaysia sangat terjangkau. Selain itu karena Malaysia adalah negara multikultur, variasi makanan yang disediakan sangat beragam. Untuk sekali makan di food court, kantin, atau mamak stall (makanan india), diperlukan kira-kira RM3,5 hingga RM5. Di kantin kampus bahkan tersedia makanan yang lebih murah lagi. Misalnya, bubur atau satu set hot dog dibanderol di bawah RM3.
 
Jika makan di restoran, tentu saja akan lebih mahal. Pilihan yang paling murah ialah memasak sendiri dengan berbagi bersama teman. Untuk membeli sayur, Anda tidak perlu ke pasar tradisional. Supermarket seperti Giant, Lifestyle, dan Carrefour menjual berbagai sayuran segar, daging, hingga bumbu masak.
 
3. Laundry

Anda bisa memilih mencuci dan menyetrika sendiri atau membayar jasa binatu (sekitar RM60 per bulan, bergantung lokasi). Binatu bisa ditemukan dengan gampang di sekitar kondominium dan apartemen. Biasanya kondominium dan apartemen juga menyediakan fasilitas mesin cuci dan setrika (bergantung pemilik kondominium) sehingga Anda bisa menghemat biaya.
 
4. Telekomunikasi

Malaysia memiliki banyak penyalur jasa telekomunikasi dengan harga sangat kompetitif. Untuk pemakaian standar berkisar antara RM30 hingga RM50. Biaya ini tidak termasuk panggilan ke luar negeri. Jika Anda ingin melakukan panggilan ke luar negeri dengan harga terjangkau, Anda bisa membeli kartu IDD.
 
5. Transportasi

Transportasi umum di Malaysia cukup praktis. Anda bisa naik bus, MRT, atau kereta untuk berpergian. Bahkan, ada kampus seperti Sunway University College yang menyediakan shuttle bus untuk transportasi ke kampus dan sekitarnya.
 
6. Biaya lain-lain

Total biaya hidup yang Anda butuhkan setiap bulan tentu saja bergantung pada gaya hidup yang Anda jalani. Tiket bioskop di Malaysia senilai RM10. Kadang terdapat diskon khusus bagi mahasiswa. Untuk biaya materi pelajaran bergantung pada jurusan yang Anda pilih. Satu buku pelajaran berkisar antara RM50 hingga RM200. Alternatif lebih murah, membeli buku bekas. 

Anda masih harus menyiapkan biaya ekstra untuk alat tulis, materi proyek, biaya pengobatan (biaya pengobatan standar ke dokter umum sekitar RM40, belum termasuk obat), dan biaya tak terduga lainnya.

Jika berminat kuliah di Malaysia, Anda bisa mencari informasi pada MEC Education Fair. Pada 2018, MEC Education Fair dilaksanakan di tiga kota, yaitu Hotel Wyndham, Surabaya, (3 November); Le Meridien, Jakarta (4 November); dan Hotel Novotel, Bandung (6 November).
 
Untuk informasi lebih lanjut mengenai MEC Education Fair dan kuliah di luar negeri, kunjungi www.MEC.co.id atau hubungi via WhatsApp 0818188296.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id