Desain Ibu Kota Baru. Dok: Kementerian PUPR
Desain Ibu Kota Baru. Dok: Kementerian PUPR

Konsep Smart Forest City di IKN Diharapkan Jadi Pemulihan Lingkungan Kaltim

Nasional Ibu Kota Baru Kalimantan Timur IKN Nusantara Ibu Kota Negara (IKN)
Lukman Diah Sari • 20 April 2022 05:19
Jakarta: Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mengusung konsep smart forest city. Konsep itu diharapkan membangkitkan pemulihan lingkungan di Kalimantan Timur (Kaltim).
 
"Masyarakat Bubuhan Banjar berharap konsep smart forest city benar-benar dijalankan dalam pembangunan IKN Nusantara," ujar Kerukunan Bubuhan Banjar Kalimantan Timur (KBB-KT) Syafiruddin HR, dalam keterangannya, diterima di Jakarta, Rabu, 20 April 2022. 
 
Pihaknya mengingikan agar konsep kota hijau dan berkelanjutan benar-benar terwujud di IKN Nusantara. Sehingga kawasan Kaltim bisa menjadi masa depan Indonesia yang modern, hijau, dan humanis. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebut konsep smart forest city merupakan momentum merealisasikan wacana reklamasi lahan bekas tambang di kawasan IKN Nusantara. Termasuk mereboisasi kawasan hutan yang rusak karena eksploitasi.
 
Baca: Mengenal Smart Forest City, Konsep Hunian di IKN Nusantara
 
Syafiruddin menerangkan untuk reboisasi kawasan IKN, Kerukunan Bubuhan Banjar Kalimantan Timur meminta Badan Otorita IKN menanam kembali kayu-kayu khas Kalimantan yang kini langka. Seperti kayu ulin, meranti merah, bangkirai, bungor, danris, dan markabang. 
 
"Kami juga berharap Pemerintah mengembangkan daerah penyangga IKN Nusantara agar ada keseimbangan pembangunan, menjadi ekosistem yang saling membutuhkan dan saling melengkapi," papar Syafiruddin.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif