Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali (kacamata hitam) saat peresmian Masjid El-Syifa - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali (kacamata hitam) saat peresmian Masjid El-Syifa - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Masjid El-Syifa Siapkan Panduan Salat bagi Difabel

Nasional kaum difabel penyandang disabilitas
Fachri Audhia Hafiez • 21 Desember 2018 17:41
Jakarta: Masjid El-Syifa di Ciganjur, Jakarta Selatan terus meningkatkan fasilitas untuk penyandang disabilitas. Hari ini, diresmikan toilet dan tempat wudhu khusus difabel.
 
Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) El-Syifa Muhidin mengungkapkan fasilitas bagi kaum difabel tidak berhenti. Ke depan bakal ada fasilitas lainnya yang disiapkan.
 
"Toilet dan tempat wudhu ini hanya bagian pertama dari keseluruhan fasilitas untuk kaum disabilitas yang akan kami sediakan," kata Muhidin di Jalan Moh Kahfi 1, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat, 21 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Muhidin mengungkapkan ke depan masjid bakal menambah fasilitas berupa Alquran braille bagi penyandang tunanetra. Tak cuma itu, bakal ada panduan gerakan salat bagi insan tuli.
 
"Kami ingin ini jadi isu nasional, kepedulian bersama, ini kewajiban kita yang normal bahwa ada hak teman-teman kita yang disabilitas mereka pun berhak ke masjid, mengaji dan sebagainya," ujar Muhidin.
 
Sekretaris DKM El-Syifa Hadi Syaifullah menjelaskan, ide fasilitas bagi penyandang disabilitas ini diinisiasi oleh remaja masjid El-Syifa. Ide itu tercetus sejak Agustus 2018, dengan melibatkan diskusi bersama beberapa organisasi disabilitas.
 
(Baca juga:Mengintip Masjid Ramah Difabel di Jakarta Selatan)
 
Hadi menambahkan, pembangunan masjid berlangsung kurang lebih satu bulan, dengan uluran dana dari masyarakat. Dia berharap Masjid El-Syifa menjadi pemantik bagi tempat ibadah lain untuk menyediakan fasilitas disabilitas yang sama.
 
"Kalau selama ini Pak Gubernur bilang toiletnya harus ramah, kemudian halte, kok masjid belum kesebut ya. Nah kalau memang belum, kita ingatkan dan tidak cuma kritik. Kita sudah bangun loh, ini jadikan isu gerakan dan kepentingan bersama," tutur Hadi.
 
Peresmian toilet dan tempat wudhu khusus penyandang disabilitas Masjid El-Syifa turut dihadiri Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali. Dalam sambutannya, dia mengapresiasi gerakan masjid ramah disabilitas yang diinisiasi oleh remaja Masjid El-Syifa.
 
"Ini namanya kesetiakawanan, keadilan, kepedulian dan tidak ada lagi diskriminasi antar sesama umat ketika bicara masjid bersama umat. Semoga masjid-masjid lain juga ngambil inisiatif lain untuk terus peduli pada kaum disabilitas," jelas Marullah.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif