Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Kasus Kematian Anak Melonjak, Orang Tua Diminta Mengawasi Aktivitas Balita

Theofilus Ifan Sucipto • 02 Juli 2021 15:58
Jakarta: Orang tua diminta mengawasi kegiatan anaknya, terutama bayi di bawah usia lima tahun (balita). Pasalnya, kasus kematian akibat covid-19 pada balita mencapai 50 persen dari kelompok anak.
 
“Melindungi anak-anak terutama balita menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh orang tua,” tegas juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito melalui keterangan tertulis, Jumat, 2 Juli 2021.
 
Wiku mengingatkan seluruh kegiatan anak-anak tetap perlu memperhatikan protokol kesehatan. Apalagi, kasus covid-19 meroket belakangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Ajarkan sedini mungkin pentingnya mencuci tangan dan tidak menyentuh area yang kotor,” ujar dia.
 
Baca: PPKM Darurat Ditargetkan Tekan Kasus Harian Covid-19 di Bawah 10 Ribu
 
Wiku meminta orang tua tidak membawa anak-anak keluar rumah. Terutama, ke tempat umum yang berpotensi menjadi sumber penularan.
 
“Tentunya kita ingin melindungi orang-orang tercinta kita dari ancaman virus covid-19,” papar Wiku.
 
Sebagian kasus meninggal pada anak didominasi balita. Fenomena itu terjadi di lima provinsi dengan kasus aktif tertinggi.
 
“Kematian pada kelompok anak didominasi oleh balita yaitu sekitar 30 (persen) hingga 50 (persen) dari total kematian anak,” kata Wiku.
 
Kelima provinsi itu ialah DKI Jakarta dengan 57.295 kasus aktif, Jawa Barat 43.436 kasus aktif, Jawa Tengah 33.805 kasus aktif, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  8.917 kasus aktif. Kemudian, Jawa Timur dengan 7.488 kasus aktif.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif