NEWSTICKER
Proses pembersihan area terpapar di lahan kosong Perum Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan, Banten, Senin, 17 Februari 2020. Foto: Medcom.id/Farhan D
Proses pembersihan area terpapar di lahan kosong Perum Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan, Banten, Senin, 17 Februari 2020. Foto: Medcom.id/Farhan D

Radioaktif di Tangsel Tak Terkait Terorisme

Nasional nuklir batan
Cindy • 17 Februari 2020 17:28
Jakarta: Keberadaan Gegana Detasemen E di lokasi paparan radioaktif di Perumahan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Indah, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, bukan karena ada indikasi aksi teror. Namun, tim ini diturunkan karena memiliki keahlian khusus terkait bahan kimia.
 
"Karena memiliki kualifikasi KBR (kimia, biologi, dan radioaktif). Jadi dia sangat match dan urgensinya ada karena yang diselidiki adalah radioaktif," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Humas Polri Komisaris Besar (Kombes) Asep Adi Saputra di Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, Jakarta Selatan, Senin, 17 Februari 2020.
 
Menurut dia, Gegana Detasemen E memiliki alat pendeteksi bahan kimia. Mereka bisa membantu Batan dalam penyelidikan penyebab radioaktif di daerah tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Radioaktif di Tangsel Tak Terkait Terorisme
Petugas menyelidiki zat radioaktif di Perumahan Batan Indah, Tangsel, Banten. Foto: MI/Ferdian Ananda Majdi
 
Di sisi lain, kepolisian belum menemukan jejak-jejak teroris dalam kasus ini. Pasalnya, masalah ini masih diusut Korps Bhayangkara.
 
"Sementara kita tidak berkesimpulan ke sana," jelas dia.
 
Paparan radioaktif ditemukan pada akhir Januari 2020. Kala itu, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) menguji tingkat radioaktif di Tangsel menggunakan unit pemantau radioaktivitas lingkungan bergerak (RDMS-MONA). Peningkatan radioaktivitas ditemukan di Perum Batan Indah.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif