Wakil Presiden jusuf Kalla - Medcom.id/Dheri Agriesta.
Wakil Presiden jusuf Kalla - Medcom.id/Dheri Agriesta.

Dana Rekonstruksi Korban Bencana Palu Cair Pekan Depan

Nasional pertumbuhan ekonomi Gempa Donggala
Desi Angriani • 31 Januari 2019 16:51
Palu: Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan dana rekonstruksi untuk rumah rusak ringan dan sedang korban bencana Palu, Sulawesi Tengah, dicairkan pekan depan. Pencairan dana hanya berlaku bagi rumah korban yang tidak memerlukan relokasi.
 
"Kemudian perumahan yang tidak rusak berat tidak perlu direlokasi dan minggu depan akan diberikan stimulannya," kata JK, sapaannya, seusai memimpin rapat koordinasi Penanganan Dampak Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis, 31 Januari 2019.
 
JK menuturkan stimulan bagi rumah rusak sedang, masing-masing diberikan sebesar Rp25 juta dengan jumlah 26.122 unit rumah. Sementara rumah dengan kerusakan ringan mendapat bantuan Rp10 juta dengan jumlah 40.085 unit rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun rumah rusak berat mendapat bantuan berupa relokasi atau pembangunan rumah baru senilai Rp50 juta. Tercatat rumah rusak berat akibat gempa, tsunami dan likuefaksi di Sulawesi Tengah mencapai 29.771 unit rumah.
 
(Baca juga:Dana Rekonstruksi Palu Masuk APBN 2019)
 
Proses relokasi rumah rusak berat akan memakan waktu selama dua tahun. JK bilang, pemerintah dan swasta akan mulai melakukan pembangunan hunian tetap bagi pengungsi dan warga terdampak bencana pada Februari 2019.
 
"Seluruh Indonesia begitu, kita tidak mengganti tapi membantu. Kalau yang relokasi segera bulan ini dan mulai pembangunan baru baik pemerintah maupun swasta. Selama dua tahun itu pemerintah akan memberikan bantuan," sambung dia.
 
Untuk santunan kematian masing-masing ahli waris akan menerima Rp15 juta. Hingga kini, korban meninggal akibat bencana di Sulawesi Tengah mencapai 4.340 orang.
 
"Kalau korban meninggal kita berikan santunan Rp15 juta," kata dia.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif