Ketua Satgas Monkeypox IDI Hanny Nilasari. Branda Antara
Ketua Satgas Monkeypox IDI Hanny Nilasari. Branda Antara

Satgas: Perketat Pemantauan Monkeypox di Semua Pintu Masuk Negara

Antara • 17 September 2022 07:45
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Monkeypox Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) meminta jajaran pemerintah memperketat pemantauan penularan Monkeypox atau cacar monyet di semua pintu masuk negara. Pengawasan bisa dilakukan dengan pengamatan suhu tubuh, pengamatan tanda dan gejala dari infeksi penularan Monkeypox.
 
“Harap perluas dan memperketat skrining pada pintu masuk negara, baik di pelabuhan, bandara, dan pos lintas batas darat negara (PLBDN),” kata Ketua Satgas Monkeypox IDI Hanny Nilasari dalam Webinar Mengenal Penyakit Monkeypox & Penatalaksanaannya yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat, 16 September 2022.
 
Bila ditemukan pelaku perjalanan yang mengalami demam, para petugas diharapkan segera mengarahkan orang tersebut melakukan pemeriksaan langsung oleh dokter bertugas pada pelabuhan, bandara, ataupun PLBDN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemantauan di pintu masuk juga diharapkan diimbangi dengan meningkatnya kemampuan laboratorium jejaring untuk melakukan diagnotis molecular spesimen pasien, yang dicurigai menderita Monkeypox sesuai dengan rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO).
 

Baca: Satu Pasien Cacar Monyet di Indonesia Dinyatakan Sembuh


Hanny menambahkan supaya penularan infeksi Monkeypox dapat diketahui secara dini, peningkatan edukasi terkait epidemi, gejala, penularan sampai langkah-langkah pencegahan pribadi di dalam masyarakat harus lebih dimaksimalkan sampai ke akar rumput.
 
Pada tenaga kesehatan diharapkan pemerintah memfasilitasi dan memberikan pendampingan terhadap peningkatan kemampuan dalam identifikasi kontak erat pasien suspek serta probable Monkeypox.
 
“Pemberian informasi terkini pada masyarakat mengenai situasi Monkeypox secara berkala diperlukan, dan harus transparan untuk mencegah terjadinya kepanikan akibat kesimpangsiuran berita di media massa,” kata dia.
 
Hanny juga mengimbau masyarakat untuk dapat bekerja sama dengan pemerintah dengan menerapkan pola hidup sehat, agar penularan infeksi Monkeypox serta covid-19 dapat dihindarkan dan tidak ada lagi muncul kasus baru di Indonesia.
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif