Ilustrasi cacar monyet/Channel News Asia
Ilustrasi cacar monyet/Channel News Asia

Satu Pasien Cacar Monyet di Indonesia Dinyatakan Sembuh

M Iqbal Al Machmudi • 16 September 2022 18:39
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membeberkan kondisi pasien cacar monyet di Indonesia. Seorang pasien yang terkonfirmasi cacar monyet atau monkeypox dinyatakan sembuh dan selesai menjalani isolasi.
 
"Dua orang suspek dari provinsi DKI Jakarta dan yang sudah disingkirkan (discarded) ada 63 kasus," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril dalam konferensi pers secara daring, Jumat, 16 September 2022.
 
Mayoritas pasien yang dinyatakan discarded karena cacar air atau varicella. Rinciannya yakni 18 pasien atau sekitar 29,5 persen. Selebihnya dinyatakan discarded karena impetigo, herpes zooster, dermatitis, arteritis, dan lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Syahril, kasus satu pasien positif cacar monyet dinyatakan selesai isolasi pada 4 September 2022. Selain itu, ada 3 orang kotak erat sudah dites dan dinyatakan sehat.
 
Sementara itu, update kasus monkeypox global mencapai 60.394 kasus dan 22 kematian per 15 September 2022. Kasus tersebut berasal dari 99 negara.
 

Baca: Negatif Cacar Monyet, Pasien Suspek di Tasikmalaya Tinggal Pemulihan


Peningkatan terjadi di negara-negara Selatan Amerika. Sementara itu, rincian kasus cacar monyet di negara-negara Asia Tennggara yakni Thailand 1 kasus, Singapura 16 kasus, Filipina 4 kasus, Indonesia 1 kasus, dan Australia 129 kasus.
 
"Kasus kematian terjadi paling banyak dari Nigeria dan Ghana masing-masing 4 kasus, Amerika Serikat 2 kasus. Sehingga 22 yang meninggal dari 60 ribu kasus bila dipersentasikan dari kematian 0,03 persen," kata Syahril.
 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif